Senin, 03 Juni 2013 , 13:03:00 WIB

Festival Danau Toba Digelar 8-14 September 2013

Laporan: Dedy Ardiansyah

Fun On The Road Agenda tahunan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bertajuk Pesta Danau Toba 2013 akan diambilalih pelaksanaannya oleh Kementerian Pariwisata. Seiring dengan pengambilalihan tersebut, maka nama Pesta Danau Toba diubah menjadi Festival Danau Toba.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho
di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Sudirman No 41 Medan, Minggu (2/6/2013) malam.

Menurut Gubernur, Festival Danau Toba itu akan digelar selama 7 hari mulai 8-14 September 2013. "Saat ini kita sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata agar acara tersebut berlangsung suskes.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), mengaku sudah menyiapkan anggaran Rp 31 Miliar untuk Festival Danau Toba tersebut.

Wakil Menteri Kemenparekraf, Sapta Nirwandar menjelaskan, dalam Festival Danau Toba 2013 akan lebih konseptual dibanding festival sebelumnya. Diharapkan dengan pesta kebudayaan Danau Toba akan menjadi ikon kebudayaan di Sumatera Utara.

Menariknya, dalam festival kali ini rencananya akan diadakan lomba 'Solu Bolon' atau sampan besar yang akan mengelilingi Danau Toba.

Solu Bolon merupakan olahraga favorit di pesta Danau Toba, dimana dulunya Solu Bolon merupakan kendaraan warga setempat untuk menyebrangi perairan. [ded]

Write A Comment