Rabu, 05 Juni 2013 , 16:56:00 WIB

Asean Open Sky, Kualanamu Makin Ramai

Laporan:

Fun On The Road Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan mengatakan Indonesia sudah menetapkan lima bandara yang bakal mengikuti liberalisasi penerbangan Asean 2015 itu yakni Soekarno Hatta (Jakarta), Ngurah Rai (Denpasar), Juanda (Surabaya), Makassar (Hasanudin), Kualanamu (Medan).

Akibatnya diperkirakan pada 2015 mendatang Kualanamu International Airport (KIA) bakal semakin bising dan ramai. Mengapa, karena maskapai penerbangan dari 9 negara bakal masuk ke Kualanamu sebagai bagian dari kebijakan Open Sky 2015.

"Jadi pada 2015 mendatang, setiap penerbangan dari masing-masing negara Asean, bisa melayani penerbangan ke Kualanamu, karena Kualanamu merupakan salah satu bandara untuk menghadapi Asean Open Sky 2015," ujar Bambang di Jakarta, Selasa, (4/6/2013).

Disebut makin ramai karena selama ini paling hanya maskapai penerbangan internasional dari wilayah regional, seperti dari Singapore, Malaysia, dan Philipina. Nah, nantinya, 9 negara Asean semuanya bakal membuka rute penerbangan dari bandara negara asal menuju Kualanamu.

Ke-9 negara Asean, selain Indonesia, adalah Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Sejumlah negara lain sudah menetapkan jumlah bandara Asean Open Sky 2015, antara lain Singapura hyang menetapkan ada satu bandara, Malaysia tiga bandara, dan Filipina membuka delapan bandara. [rob]


Write A Comment