Senin, 24 Juni 2013 , 17:52:00 WIB

Silpa Pemko Medan Rp22,51 M Lebih

Laporan:

Untuk Indonesia Hebat Sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa-red) tahun anggaran 2012 Pemerintah Kota Medan sebesar Rp22,51 miliar. Dana itu selanjutnya dikelola untuk mendukung kebutuhan pembiayaan pembangunan kota tahun 2013.

Hal itu disampaikan Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin, dalam nota pengantar pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2012 dalam sidang paripurna DPRD, Senin (24/6/2013) yang dipimpin Ketua DPRD Drs H Amiruddin.

Laporan realisasi anggaran itu, kata Eldin, terdiri dari pendapatan daerah dan belanja daerah. Pendapatan daerah tercatat Rp2,99 triliun yang terdiri dari, Pendapatan Asli Daerah Rp1,15 triliun, pendapatan transfer Rp1,82 triliun dan lain-lain pendapatan daerah yang sah Rp27,62 miliar.

"Realisasi pendapatan daerah TA 2012 ini mencapai 74,32 persen dari target yang ditetapkan," sebut Eldin.

Sementara belanja daerah, sebut Eldin, tercatat mencapai Rp.3,02 triliun lebih yang terdiri dari belanja operasi Rp2,46 triliun, belanja modal Rp.558,43 miliar dan belanja tidak terduga Rp.75 juta.

"Realisasi belanja daerah TA 2012 mencapai 74,03 persen dari target anggaran yang ditetapkan," ungkapnya.

Sedangkan realisasi pembiayaan, sambung Eldin, secara akumulatif terdiri dari pembiayaan penerimaan terealisasi Rp80,67 miliar dan pembiayaan pengeluaran terealisasi tercatat Rp35,20 miliar.

"Dengan demikian Silpa TA 2012 sebesar Rp22,51 miliar," ujarnya.

Disatu sisi, tambah Eldin, Pemko Medan cukup gembira karena kabupaten/kota dengan jumlah APBD terbesar se-Sumatera Utara yang meraih opini WTP. Hal ini, katanya, akan menjadi barometer serta leader dalam pengelola keuangan daerah di Sumut.

Namun, lanjutnya, di satu sisi masih ada beberapa kekurangan yang bersifat administratif dalam pengelola keuangan daerah. Kendati demikian, Pemko Medan tetap harus terus meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelola keuangan daerah khususnya di tingkat SKPD dan sisi pendapatan.

"Hal ini sangat beralasan, sebab kedepannya Kota Medan akan membutuhkan sumber-sumber pembiayaan pembangunan yang semakin besar dan beragam," sebutnya.

Dari sisi belanja, Eldin, berharap dapat terus meningkatkan kinerja pembangunan sesuai dengan sasaran-sasaran yang telah ditetapkan.

"Sebagai catatan, pada TA 2012 seluruh SKPD telah dapat menyusun laporan keuangan SKPD sendiri sesuai dengan amanat PP No. 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah," ucapnya.

Kepada para SKPD, Eldin, kembali mengingatkan agar terus meningkatkan kinerja, sehingga Kota Medan hari ini lebih baik dari hari kemarin, besok lebih cerah dari hari ini tidak hanya menjadi jargon dan slogan semata, tetapi harus menjadi sesuatu yang konkrit dan nyata.

Usai menyampaikan nota pengantar, kemudian, Dzulmi Eldin, menyerahkan draf laporan keuangan APBD TA 2012 ke pimpinan dewan, untuk selanjutnya dilakukan pembahasan. [ans]

Write A Comment