Minggu, 21 Juli 2013 , 20:23:00 WIB

Peruri dan PD AIJ Sumut Jajaki Usaha Patungan

Laporan:

Untuk Indonesia Hebat Gubernur Sumatera Utara mempertimbangkan usulan Perum Peruri untuk meningkatkan kerjasama dengan Perusahaan Daerah Aneka Industri Jasa (AIJ). Peruri mengusulkan Kerjasama Operasional (KS0) yang sudah terjalin sejak awal Desember 2011 ditingkatkan dengan membentuk perusahaan patungan.

Hal itu terungkap dalam pertemuan antar Gubsu dan jajaran direksi Perum Peruri di Rumah Dinas Gubsu, akhir pekan kemarin.

Hadir Direktur Utama Perum Percetakan Uang RI (Peruri), Antonius, Direktur Keuangan Muchrizal, Kepala Divisi Keuangan Herry Rusmadi, GM Peruri Divisi Barat P Silalahi.

Sementara Gubsu didampingi Assisten Ekbang Provsu Sabrina, pelaksana Direktur PD AIJ dan Kadis Kominfo Sumut Jumsadi Damanik.

"Kedatangan kami adalah untuk memperkenalkan direksi yang baru sekaligus berinisiatif untuk bagaimana meningkatkan status kerjasama perusahaan agar lebih berkembang," ujar Antonius kepada Gubsu.

Dijelaskannya bahwa kerjasama antara Peruri dan AIJ yang berlangsung sejak awal Desember 2011 sudah berjalan dengan baik. "Dengan status berbentuk badan hukum, maka akan memudahkan pengembangan usaha diantaranya mendapatkan permodalan," ujar Antonius.

Peruri, lanjutnya, sudah punya pengalaman kerjasama dengan membentuk join usaha di Surabaya. Karena dengan status badan hukum maka permodalan lebih fleksibel.

"Dengan badan hukum, lebih bisa meningkatkan usaha demi kepentingan ekonomi Sumut. Kami melihat potensinya besar. Salah satu produk uang elektronik misalnya bisa jadi penggerak baru ekonomi," ujar Antonius.


Direktur Utama Perum Percetakan Uang RI (Peruri), Antonius memberian cendra mata kepada Gubsu.  [Foto: Humas pemprovsu]

Menanggapi usulan tersebut, Gubsu akan mempertimbangkan berbagai hal termasuk untuk melakukan telaah terhadap kerjasama yang sudah berjalan selama ini.

"Secara teknis dicari yang terbaik dan sama-sama menguntungkan,"pinta Gubsu. Gubsu.

Kerjasama antara Peruri dan AIJ selama ini dilakukan dalam bidang pencetakan dokumen sekuriti non uang yang masih terbuka lebar peluang usahanya di tanah air. KSO yang dilaksanakan ini merupakan cikal bakal bagi pembentukan perusahaan Peruri di Wilayah Barat sebagaimana perusahaan yang sudah dibentuk di wilayah Timur yaitu PT. Peruri Wira Timur (PWT) Surabaya.

Kerjasama yang dilakukan ini menurut Gubsu merupakan upaya strategis dalam rangka restrukturisasi Perusahaan Daerah dan memberikan kontribusi yang besar bagi PAD. [ded]


Comments