Jum'at, 26 Juli 2013 , 08:43:00 WIB

Pemkab Samosir Ajak Warga Sukseskan Pesta Danau Toba 2013

Untuk Indonesia Hebat Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, mengajak seluruh elemen masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk turut berperan aktif mendukung dan menyukseskan Festival Danau Toba (FDT) tahun 2013 yang akan digelar di daerah itu, 8 – 14 September mendatang.

''Kabupaten Samosir tahun ini ditunjuk sebagai tuan rumah Festival Danau Toba. Kami berharap semua pihak kiranya ikut berpartisipasi aktif mendukung dan menyukseskan acara tersebut,'' kata Bupati Samosir, Mangindar Simbolon di Pangururan, kemarin seperti dikutip dari liputanbisnis.

Pernyataan serupa sebelumnya juga disampaikan Bupati Samosir saat mengambil sumpah/janji 207 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari empat kecamatan, masing-masing Kecamatan Palipi, Nainggolan, Onan Runggu dan Sitiotio.

Dikatakannya, kepercayaan yang diberikan pemerintah kepada Kabupaten Samosir sebagai tuan rumah FDT 2013 merupakan momentum strategis untuk lebih memantapkan visi Kabupaten Samosir sebagai ''Daerah Tujuan Wisata Lingkungan yang Inovatif Tahun 2015″.''

Menurut dia, keberhasilan Kabupaten Samosir sebagai tuan rumah penyeleneggaraan FDT 2013 akan berdampak positif terhadap upaya mewujudkan percepatan pembangunan pariwisata di daerah itu.

Adapun tema Festival Danau Toba tahun 2013, yaitu Argado Bona Ni Pinasa atau Menghargai Tanah Leluhur.

Dalam upaya menyemarakkan sekaligus meningkatkan jumlah wisatawan ke Samosir, pihak Pemkab setempat bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif hingga kini terus melakukan kegiatan promosi, baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Penyelenggaraan FDT 2013 diperkirakan bakal lebih konseptual dibanding kegiatan serupa yang sebelumnya digelar setiap tahun. FDT 2013 akan menyajikan beragam atraksi seni budaya dan berbagai lomba, di antaranya lomba Solu Bolon’ atau sampan besar yang akan mengelilingi Danau Toba.

Solu Bolon selama ini merupakan cabang olah raga tradisional yang banyak mendapat perhatian wisatawan. Solu Bolon pada masa lalu merupakan kendaraan warga setempat untuk menyeberangi perairan Danau Toba.[ans]


Comments