Senin, 30 September 2013 , 08:46:00 WIB

KPU Tetapkan OK Arya-Harry Pemenang Pilkada Batubara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara menetapkan pasangan OK Arya Zulkarnain-Harry Nugroho sebagai pemenang atau peraih suara terbanyak Pilkada Batubara 2013.

Penetapan pasangan OK Arya–Harry Nugroho sebagai pemenang berdasarkan surat keputusan KPU Kabupaten Batubara Nomor: 21/Kpts/KPU 002.964812/2013 tentang Pengesahan Jumlah dan Persentase Perolehan Suara Sah Pasangan Cabu/Wacabup Batubara dalam Pemilukada Batubara.

Kemenangan OK Arya dalam pemilu tahun ini merupakan sejarah dalam kancah politik di Indonesia. Sebab kejadian ini baru yang pertama di negeri ini calon bupati menang dua kali dalam satu putaran melalui jalur independen.

Dalam pemilihan calon Bupati Batubara tahun 2008, OK Arya dan pasangannya berhasil memenangkan pertarungan politik tersebut cukup satu putaran melalui jalur inpenden.

Dan hal serupa juga kembali terulang, yakni pada pemilihan Cabup tahun 2013 OK Arya kembali unggul satu putaran juga melalui jalur independen.

Hasil dari perhitungan rekapitulasi perolehan suara Pemilukada Batubara yang dibacakan Ketua KPU Batubara Khairil Anwar, diketahui pasangan Cabup OK Arya-Harry Nugroho nomor urut 6 meraih suara terbanyak yaitu 65.899 suara atau 36,6 persen dari jumlah pemilih suara sah sebanyak 180.806 jiwa.

Dengan begitu, pasangan calon Bupati Batubara dari jalur independen ini ditetapkan sebagai pemenang peraih suara terbanyak dalam pemilihan kepala daerah Bupati Batubara yang berlangsung pada 19 September 2013.

Sementara hasil perhitungan rekapitulasi perolehan suara, lima pasang calon Bupati Batubara lainnya dibacakan sebagai berikut. Pasangan nomor urut 1 Gong Matua Siregar-Achmad Dani yang juga mendaftar dari jalur perseorangan meraih 10.752 suara atau 5,6 persen, pasangan Zulkarnain-Masyitah (nomor urut 2) meraih 7.987 suara atau 4,5 persen, pasangan Kurnia Gunawan-Nurmala (nomor urut 3) meraih 6.242 suara atau 3,5 persen, pasangan Yahdi Khair Harahap-Syarkowi Hamid (nomor urut 4) meraih 26.194 suara atau 14,5 persen, pasangan Zahir-Suriono (nomor urut 5) meraih 63.732 suara atau 35,3 persen.

Menurut Khairil, penetapan pasangan OK Ary-Harry Nugroho sebagai peraih suara terbanyak Pilkada Batubara sudah dalam keputusan resmi KPU. Namun pihak KPU Batubara masih menunggu selama tiga hari lagi kemungkinan adanya pihak cabup lain yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap hasil yang sudah ditetapkan itu.

Disebutkan, sesuai mekanisme yang diatur dalam Undang-Undang Pemilu, jika tidak ada gugatan dari pihak Cabup peserta pemilu, maka hasil rekapitulasi ini akan diserahkan ke DPRD Batubara. Namun jikalau ada pengajuan gugatan di MK, maka pihak KPU harus menunggu hasil dari MK selama 14 hari lagi.

Secara keseluruhan, suara yang masuk dalam pemungutan suara pemilihan calon Bupati/Wakil Bupati Batubara 2013 seluruhnya berjumlah 183.608 suara dengan perincian 180.806 suara sah dan 2.802 suara tidak sah. Sedangkan hasil persentase kemenangan pasangan OK Arya-Harry Nugroho dengan pasangan Zahir-Suriono hanya 1,3 persen.

Sementara itu OK Arya mengaku suara terbanyak yang mereka peroleh dalam pemilihan itu merupakan kepercayaan dari rakyat Batubara yang dinilai sebagai amanah untuk dijalankan dengan sebaik-baiknya yaitu memimpin Batubara lima tahun ke depan.

''Kalau kami dinyatakan menang dalam pemilihan ini, sesungguhnya yang menang itu adalah rakyat Batubara,'' ujarnya seperti dikutip medanbisnis.

OK Arya mengaku, dalam menghadapi pemilu tahun ini dia dan keluarganya banyak mengalami pengalaman pahit seperti fitnah.

''Makian dan hujatan yang tak pantas dan tak manusiawi semua itu mereka lemparkan ke wajah keluarga kami,'' katanya.[ded]


Comments