Jum'at, 01 November 2013 , 11:59:00 WIB

6-8 November, Seniman Sumut dan Jakarta Tampil di TBSU

Laporan: Robedo Gusti

Sedikitnya 150 orang seniman di Sumatera Utara akan unjuk kebolehan dengan para seniman yang berasal dari Jakarta di Taman Budaya Sumatra Utara (TBSU), di Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan.

Unjuk kebolehan ini berlangsung dalam rangkaian Gelar Seni Budaya (GSB) yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, mulai tanggal 6 hingga 8 November 2013.

Kepala UPT TBSU, Jamal Karokaro mengatakan, unjuk kebolehan tersebut meliputi seni tari, teater, seni pahat dan patung, lukisan dan seni lainnya. Khusus dari Sumatera Utara, seniman yang Sumatera Utara akan menampilkan seni dari 8 etnis dari 8 daerah seperti Medan, Binjai, Tebing Tinggi, Simalungun, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Karo dan Nias.

"Untuk kali ini kita akan menampilkan kesenian dari daerah tersebut," katanya, Kamis (31/10/2013).

Jamal menyebutkan, program yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Pariwisata tersebut menjadi salah satu ajang yang mereka manfaatkan untuk menggiatkan pertunjukan seni budaya yang semakin jarang dilakukan di TBSU karena ketiadaan dana. Mereka berharap ajang-ajang seperti ini semakin sering dilakukan agar budaya Indonesia tetap bisa dilestarikan.

"Kita hanya memfasilitasi, seluruh pendanaan dari pusat," sebutnya.

Jamal menyebutkan, selain momentum memperkenalkan budaya, ajang ini juga akan dimanfaatkan untuk mengingatkan kembali rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengucurkan dana renovasi TBSU sebesar Rp 2,5 Miliar.

Sebab dari 10 Taman Budaya di Indonesia yang masuk dalam program renovasi di kementerian tersebut, TBSU menjadi salah satu diantaranya.

"Kalau kegiatan seni semakin hidup disini, tentunya TBSU akan mendapat prioritas untuk renovasi tersebut," jelasnya. [ded]

Keterangan Foto : Sejumlah penari sedang berlatih di taman Budaya Sumatera Utara untuk persiapan Gelar Seni Budaya yang akan menjadi ajang unjuk kemampuan seniman Sumatera Utara dan Jakarta, pada tanggal 6-8 November 2013 mendatang. [Foto|Robedo Gusti]


Comments