Senin, 21 Januari 2013 , 20:46:00 WIB

Kronologis Penyerbuan Kantor Walikota oleh Massa PDIP

Laporan:

Petugas sedang membersihkan sisa-sisa aksi massa PDI-P di kantor walikota Medan. [foto: dewi syahruni]Live Show Adu Perkolong-kolong Puluhan massa PDIP Senin (21/1/2013) sore menyerbu kantor Walikota Medan. Sejumlah lampu dan pot bunga yang berada di halaman kantor walikota pecah. Bahkan massa menerobos masuk ke kamar kerja Walikota. Kaca meja kerja Walikota Rahudman Harahap pecah dilempar batu.

Penyerbuan ke kantor Walikota Medan ini buntut dari eksekusi yang dilakukan Pemko Medan bersama anggota Satpol PP di Lahan Cadika di Jalan karya Wisata, Medan Johor pada paginya.

Di situ petugas Satpol PP melakukan kekerasan terhadap Hendri John yang kebetulan menjabat sebagai Ketua DPC PDI-P Kota Medan. Hendry dipercaya untuk menjaga lahan yang menjadi sengketa antara Pemko Medan dengan seseorang yang mengklaim memiliki areal seluas 4 hektar tersebut.


Berikut adalah kronologis lengkap kejadian itu.

1. Pukul 10.30 WIB : Personel Satpol PP Kota Medan yang dipimpin oleh Kasat Pol PP Kota Medan, M Syofyan, tiba di kawasan Cadika, Jalan Karya Wisata, Medan Johor.

2. Pukul 11.00 WIB : Warga yang berada di lokasi dan sudah menunggu langsung menghadang personel Satpol PP Kota Medan.

3. Pukul 11.10 WIB : Terjadi adu debat dan saling mengotot yang berakhir dengan aksi saling serang.

4. Tiga politisi PDIP yang juga anggota DPRD Kota Medan yakni Ketua DPC PDI-P Kota Medan, Hendri John, anggota DPRD Kota Medan, Daniel Pinem dan Porman Naibaho, yang berada dilokasi mencoba menenangkan dan mencari jalan keluar.

5. Namun, personel Satpol PP yang berada dilokasi dan memaki ketiganya dan memukul ketiganya. Melihat itu, warga pun tak terima dan terlibat bentrok. 5 orang luka termasuk anggota DPRD Kota Medan saat itu.

6. Pukul 14.00 WIB : Anggota PDIP Kota Medan bersama dengan 3 Anggota DPRD Kota Medan mendatangi Mapolresta Medan untuk membuat laporan penganiayaan.

7. Pukul 14.30 WIB : Sebagian anggota PDIP Kota Medan yang tak terima dengan aksi Satpol PP pun mendatangi Kantor Walikota Medan dan terjadi bentrok di Kantor Walikota Medan. [ded]


Comments