Rabu, 06 Maret 2013 , 20:41:00 WIB

Motif Asmara, 8 Pembunuh Bayaran Disewa Habisi Nyawa Bidan Dewi di Medan

Laporan:

Untuk Indonesia Hebat Pembunuhan Nurmala Dewi br Tinambunan alias Dewi (30) berhasil diungkap sudah. Ternyata motif pembunuhan bidan Puskesmas Teladan Medan yang ditembak di depan rumahnya disaksikan ibunya Kamis (7/2/2013) lalu akibat cinta segitiga.

"Pembunuhannya direncanakan dan motifnya yakni motif asmara. Ada cinta segitiga diantara tersangka Idawati br Pasaribu (70), Berton Silaban dan korban Dewi," kata Kapolda Sumut, Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro, Rabu (6/3/2013).

Sambungnya, otak pelaku pembunuhan adalah Idawati br Pasaribu (70) alias Nenek yang merupakan pengusaha ekspedisi di Batam ini disangka membunuh karena sakit hati dan menduga Dewi menyembunyikan suaminya Berton Silaban.

Wisjnu menjelaskan, 8 pelaku yang terlibat pembunuhan ini berhasil ditangkap.

Selain Idawati br Pasaribu, tambahnya, polisi juga meringkus Rini Dharmawati alias Cici (40), Julius alias Yus (40), Bripka Gunita Bakhtiar (32), Bripda Aulia Pratama Zulfadlil (22), Rizki Darma Putra Gope (23), Ashari alias Ari (18), Iin Dayana (26).

"Masing-masing tersangka memiliki peran dalam pembunuhan ini. Idawati Pasaribu menyampaikan ingin membunuh Dewi kepada Rini Dharmawati. Rini kemudian berkomunikasi Yus dan mengajak personel Polwan Polda Sumbar, Bripka Gusnita. Gusnita kemudian meminta bantuan Bripda Aulia sehingga mereka mendapat eksekutor Rizki Darma Putra alias Gope. Sedangkan Iin diperintahkan Gusnita untuk mengetahui keberadaan korban di Medan," pungkasnya.

Setelah beberapa kali gagal mencoba melakukan pembunuhan, Gope yang dibonceng Aulia akhirnya berhasil menghabisi Dewi. Perempuan itu tewas ditembak menggunakan pistol jenis FN yang dibeli pelaku dari M, personel TNI di Padang. M merupakan abang dari Bripka Gusnita.

"Dalam pengungkapan ini, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, seperti 1 unit mobil Honda Jazz, pistol, 2 sepeda motor dan uang Rp240 juta. Uang itu merupakan bagian dari uang  Rp300 juta yang diberikan Ida Pasaribu kepada Gusnita untuk menghabisi Dewi," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Nurmala Dewi br Tinambunan alias Dewi (30), tewas ditembak orang tak dikenal di depan rumahnya di Jalan Pertahanan Gang Indah, Patumbak, Deliserdang, Kamis (7/2/2013) lalu. Bidan ini ditembak tak lama setelah pulang bekerja. Saat itu pelaku disebut-sebut seorang pria mengendarai sepeda motor. Setelah tertembak, Dewi dilarikan sempat dilarikan ke RSU Estomihi, Jalan SM Raja Medan, namun, tiba di sana Dewi sudah tak lagi bernyawa. [ans]


Comments