Minggu, 24 Maret 2013 , 17:21:00 WIB

DI: Tahun Ini Pemerintah Tak Impor Beras

Live Show Adu Perkolong-kolong MBC. Indonesia pada tahun ini tidak akan melakukan impor beras. Pasalnya kebutuhan pokok itu telajh terpenuhi oleh hasil petani dalam negeri. hal itu seperti disampaikan Menteri badan Usaha Milik Negaara (BUMN) Dahlan Iskan ketika menghadiri panen raya di Desa jati, Karanganyar, Jawa Tengah (Minggu, 24/3).

Dikatakan Iskan, stok beras secara nasional sampai akhir tahun lalu masih sekitar 2,5 juta ton yang berada di berbagai tempat gudang Bulog. Sementara, lanjut dia, untuk kebutuhan beras tahun 2013, Bulog dalam musim panen ini harus bisa melakukan pengadaan sebanyak 3,5 juta ton beras.

"Ya kalau Bulog dalam musim panen tahun ini bisa melakukan pengadaan beras sebanyak 3,5 juta ton maka untuk memenuhi kebutuhan beras dalam negeri, kita sudah tidak perlu impor lagi seperti tahun lalu," kata Dahlan Iskan kepada Antara.

Dahlan juga memaparkan, dari impor beras tahun lalu sebenarnya Bulog mendapat keuntungan sebesar Rp800 miliar, tetapi keuntungan itu dikembalikan lagi kepada petani, sehingga harga beras tidak mengalami penurunan.

"Untuk melakukan pengadaan beras sebanyak tersebut mulai sekarang Bulog harus telah mengerahkan semua kekutannya, dan kalau Bulog mau bekerja keras saya optimis bisa tercapai. Untuk tahun 2012 saja Bulog mampu membeli beras dari petani sebanyak 2,6 juta ton," katanya. [ant/hta]


Comments