post image
KOMENTAR
Warga Kecamatan Dolok, Padang Lawas Utara, menyambut antusias kedatangan calon gubernur Sumatera Utara nomor urut 3, Chairuman Harahap tadi malam.

Sesaat setelah tiba, sebagaimana tradisi masyarakat Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), digelar acara pemberian ulos kepada Chairuman. Warga pun terus menggiringnya hingga ke lokasi acara setelah makan bersama-sama masyarakat di salah satu rumah milik warga.

Dalam kesempatan itu, para warga pun menyampaikan keluhan dan masukan kepada cagub yang diusung Partai Golkar dan PPP itu. Salah satunya, mereka mempertanyakan kurangnya perhatian pemerintah atas perbaikan jalanan sepanjang 35 kilometer menuju daerah Sipiongot, ibukota Kecamatan Dolok.

"Jalan lintas Sipiongot itu jalan provinsi. Sudah kami tanya ke kabupaten, sudah lama, mungkin ada 30 tahun sejak Orde Baru, setelah gubernur Marahalim, dari perbatasan Kecamatan Halongonan ada sekira 35 kilo. Jalan perlu perbaikan, kami sudah berulang kali sampaikan ke setiap pejabat. Tapi ini lah mungkin saatnya," ungkap tokoh masyarakat di Desa Dalihan Natolu, Kecamatan Dolok, Padang Lawas Utara, Raja Aman Tanjung, di hadapan Chairuman.

Dalam keterangan tertulis yang diterima sesaat lalu disebutkan, pernyataan senada juga disampaikan dari perwakilan Desa Dalihan Natolu dan Desa Gulangan. Mereka berharap, dukungan yang diberikan kepada Chairuman menjadi pendorong percepatan pembangunan di kawasan pedesaan, seperti visinya membangun dari desa.

Ketua DPRD Paluta, Muklis Harahap, dan perwakilan dari PPP Paluta, Ahmad Husen menegaskan dukungan dan doa restu pada Chairuman sebagai gubernur 2013-2018. "Kami menghimbau segodang-godang-nya (sebesar-besarnya) di pemilihan nanti botul-botul (betul-betul) masyarakat Kecamatan Dolok untuk dukung pak Chairuman sebagai gubernur, saatnya kita dukung putera daerah," harap mereka.

Sementara itu, meski disebutkan jalanan kurang diperhatikan, Chairuman yang berjalan bersama rombongan mengaku sangat menikmati perjalanan yang cukup panjang sekira 30 kilo dari Hutaim Baru sebagai titik awal menuju jalan lintas Sipiongot itu hingga tiba di Desa Dalihan Natolu, Kecamatan Dolok Padang Lawas Utara. Meski banyak jalan yang rusak, namun ada beberapa sisi jalan masih dapat ditempuh dengan mudah oleh rombongan.

Tapi dengan tegas, Chairuman di hadapan masyarakat menekankan bahwa pembangunan sudah harus ditingkatkan itu mejadi prioritas.

"Jangan sampai ada lagi daerah tertinggal, langkah perbaikan infrastuktur masih sangat jauh karena kehendak pemimpinnya belum terlihat saat ini. Untuk itulah kebijakan desa diperlukan untuk membangunnya, tentu dengan didorong pemerintah provinsi ke depan," tegas Chairuman meyakinkan warga.

Kemeriahaan acara juga terus berlanjut dan semakin akrab diantara masyarakat dengan cagub dengan nomor urut 3 tersebut setelah perwakilan masyarakat secara bergantian manortor di hadapan mantan Ketua Komisi II DPR-RI ini, yang dilanjut nauli pulung (anak-anak gadis) yang manortor dipanggung, karena secara bersamaan hujan pun membasahi lokasi acara.

Setelah reda hujan, para nauli pulung kembali manortor di lapangan dengan mengajak calon gubernur itu. Dan dalam rangka mengulos tondi, seluruh masyarakat bergabung kembali mengulosi mantan Kajati Sumut itu dengan membentuk lingkaran.[zul/rmol/ans]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa