post image
KOMENTAR
Keberadaan media massa dalam pelaksanaan Pilgubsu 2013 harus dipandang sebagai salah satu alat untuk membantu jalannya proses Pemilihan Umum (Pemilu).

Sebab, media menjadi satu-satunya perantara yang efektif antara para pasangan calon gubernur/calon wakil gubernur (cagub/cawagub) dengan masyarakat selaku orang yang akan memberikan hak suaranya.

"Media yang akan menginformasikan seluruh sisi dari para calon, sehingga independensi harus dijaga dengan baik," kata Dedy Ardiansyah, Pemimpin Redaksi MedanBagus.com, yang bertindak sebagai pembicara pada Forum Curhat Rakyat bertema Independensi Media Dalam Pilgubsu 2013, di Gus Center, Jalan Pattimura, Medan, Jumat (22/02/2013).

Dedy menyebutkan, kondisi ideal yang harus terjaga antara media massa dengan seluruh pihak yang berkepentingan dalam Pemilu khususnya Pilgubsu 2013 adalah dengan mengesampingkan segala aspek bisnis antara kedua pihak. Namun, kondisi ini menurut Dedy masih sangat jauh dari kondisi yang ada.

"Antara media dengan cagub/cawagub masih banyak hubungan yang bersifat transaksional, sehingga mempengaruhi batasan informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat," kata Dedy Ardiansyah menambahkan.

Dedy tidak menafikan, media harus tetap menjaga aspek bisnis dalam menjalankan perusahaan. Namun menurutnya, media wajib menjadi pihak yang turut bertanggung jawab dalam pesta demokrasi khususnya Pilgubsu 2013 dengan menjaga independensi yang tinggi. [rob]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa