post image
KOMENTAR
Kesan super cepat dan misterius langsung melekat pada surat yang dikirimkan Ketua DPRD Sumut kepada Mendagri. Gara-gara surat itu pelantikan Gatot Pujo Nugroho menjadi Gubsu Sumatera Utara Defenitif sisa periode 2008-2013 pun batal.

"Bagaimana tak cepat, surat misterius Saleh Bangun tersebut dibuat dan distempel di Medan dan baru ditandatangani di Jakarta oleh Saleh Bangun beberapa jam sebelum pelantikan. Secepatnya kami minta penjelasan beliau, termasuk apakah ada tekanan dari pihak lain," sebut Wakil Ketua DPRD Sumut, Chaidir seperti dikutip dari gatotpujonugroho.com, Kamis.

Info itu kata dia setelah pihaknya menginterogasi Sekretaris Dewan. Ketua DPRD memerintahkan pembuatan surat itu melalui telepon ke Medan sekalian distempel, kemudian diteken di Jakarta.

Padahal penetapan 28 Januari sebagai jadwal pelantikan juga merupakan hasil keputusan dalam rapat Banmus DPRD Sumut.

"Saya yang pimpin rapat Bamus itu, Bahkan permintaan tanggal 28 itu datang dari Ketua Saleh Bangun sendiri," sebut Chaidir.

Maka surat yang melanggar hasil rapat Banmus yang misterius dan super cepat itu kami anggap tidak sah.

"Diputuskan jadwal pelantikan tanggal 28 Februari karena tiga syarat sudah terpenuhi, waktu Mendagri oke, waktu Pak Gatot oke dan syarat-syarat administrasi oke. Pak Gatot sendiri baru tengah malam tadi mengetahui persetujuan pelantikan tersebut dari saya," jelas Chaidir.    

Kepada MedanBagus.Com, Kamis (28/2), Ketua DPRD Sumut, Saleh Bangun sengaja mengirimkan surat itu untuk menunda pelantikan Gubsu Definitif.

"Tidak ada pelantikan sampai usai pemilihan Cagub dan Cawagubsu. Apalagi Plt Gubsu Gatot Pudjonugroho masih dalam keadaan cuti," kata Saleh.

Chaidir bilang secepatnya akan mengundang dan meminta penjelasan dari Ketua DPRD Sumut atas terbitnya surat itu. Menurutnya ada perilaku Ketua DPRD Sumut yang tak lazim atas terbitnya surat ini.

"Arahan Mendagri, sekalian meminta penjelasan beliau apakah ada tekanan atau ada pihak-pihak lain yang membuat beliau terpaksa melayangkan surat pembatalan tersebut," katanya.

Siapa yang paling mungkin dan berani perintahkan Saleh Bangun bikin surat misterius, super cepat yang tak lazim itu?  [rob]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa