post image
KOMENTAR
Jadwal keberangkan Kereta Api (KA) di Medan akan berubah per 1 April mendatang. Perubahan ini karena adanya perpanjangan relasi perjalanan KA seperti penambahan KA Bandara Kualanamu dan perjalanan KA barang.

Humas PT KAI Divre I Sumut-Aceh Rapino Situmorang mengatakan, perubahan jadwal ini sebagai bentuk dan upaya untuk memenuhi keinginan pasar agar jadwal KA dapat bersinergi dengan moda transportasi lainnya.

"Perubahan itu memprioritaskan faktor keselamatan, keamanan, dan kelancaran operasi KA," ujar Rapino.

Rapino bilang, perubahan jadwal keberangkatan ini berdasarkan Surat Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian No.KA/407/SK.26/DJKA/2/13 tertanggal 25 Februari 2013 tentang pelaksanaan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) tahun 2013.

"Perubahan tersebut berlaku untuk semua jurusan, Tanjungbalai, Tebing Tinggi, Siantar, Rantau Prapat, dan Kisaran. Ada jadwal yang mundur, tapi ada juga yang dimajukan keberangkatannya. Untuk jadwal baru yakni rute Medan-Binjai yang berangkat pukul 05.45 WIB dan pukul 06.30 WIB," jelasnya.

Seperti diketahui, sebagai transportasi pelengkap, PT Railink (anak perusahaan gabungan PT KAI dan PT APII) menyediakan kereta api menuju bandara Kualanamu. Rencananya, akan ada 13 kali perjalanan menuju Kualanamu setiap harinya, yakni 13 kali dari Medan dan 13 kali dari Kualanamu.

Dikatakan Rapino, walaupun operasional bandara belum selesai, namun perubahan jadwal tetap disosialisasikan agar para calon penumpang tidak terkejut nantinya.

"Untuk kereta api bandara, kita sudah siap 100 persen. Jadi, walau ada pemunduran jadwal operasional bandara, tetapi untuk kereta api semuanya sudah siap,"tambahnya.

Nantinya, kereta api tujuan Kualanamu akan beroperasi satu jam sekali karena menyesuaikan jadwal penerbangan pesawat. Demikian seperti dikutip dari situs Pemko Medan. [ded]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi