post image
KOMENTAR
Kabar gembira buat mantan narapidana (napi) yang berminat untuk mencalonkan diri sebagai calon legislator (caleg) di Pemilu 2014 mendatang. Pasalnya, PDI Perjuangan membuka ruang bagi mantan napi yang berhasrat masuk ke kencah politik.

Wakil Sekretaris Jendral  PDIP, Ahmad Basarah, mengatakan kesediaan partainya menampung mantan napi untuk menjadi caleg jika mantan napi yang terdaftar sesuai undang-undang.

"Sepanjang memenuhi peraturan undang-undang, tidak ada persoalan bagi mantan napi, " ujar Ahmad Basarah di Kompleks Gedung DPR, Jakarta, Jumat (19/4/2013).

Namun, lanjut dia, sampai hari ini belum ada mantan napi yang berkeinginan untuk maju menjadi caleg PDI Perjuangan. Belum ada mantan napi yang masuk daftar caleg sementara (DCS) dari partai berlambang banteng ini.

Ahmad Basarah menambahkan, PDI Perjuangan akan memberikan DCS ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelum batas akhir, Senin 22 April. Namun, belum tahu siapa yang akan mewakili PDI Perjuangan dalam penyeranagn DCS ke KPU itu. "Kami sudah menyerahkan sebelum batas akhir itu," tutur Ahmad Basarah.

Sebelumnya, politisi PDI Perjuangan lainnya, Eva Kusuma Sundari mengatakan, partainya tidak akan melakukan praktik nepotisme dalam pencalonan legislator. Nepotisme, terutama dalam pemilihan caleg, sudah dihilangkan dalam tubuh partai besutan Megawati Soekarnoputri ini.

Selain itu, lanjut Eva, PDIP juga mulai melakukan psikotes agar dapat menjaring caleg yang kompeten. "Dari DPP ada kader yang tidak boleh dicaleg-kan. Jadi luar biasa pahitnya," ujar Eva. [ded] 

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa