post image
KOMENTAR
Nama bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) ganda untuk kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ternyata juga ditemukan dari kalangan artis. Namun, dari penelusuran Komisi Pemilihan Umum (KPU), hingga saat ini bacaleg artis yang tercatat ganda hanya satu nama saja.

"Dari hasil verifikasi administrasi yang kita lakukan, sampai saat ini Bacaleg ganda juga ada kita temukan dari kalangan artis. Tapi hanya satu nama," ujar anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di Jakarta, Jumat (3/5/2013).

Bacalag artis itu tercatat di dua parpol dan dua daerah pemilihan. Sayangnya, Ferry enggan menyebut nama bacaleg artis itu.

Ia hanya memastikan temuan KPU itu nantinya akan disampaikan kepada partai politik pengusung artis yang tercatat ganda itu. "Sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku, parpol kan diberi kesempatan untuk memerbaiki berkas. Jadi untuk tahap awal kita akan menyampaikannya terlebih dahulu kepada parpol hasil-hasil verifikasi yang kita lakukan," kilahnya.

Hanya saja KPU belum langsung mencoret bacalag artis yang tercatat ganda itu. Sebab, KPU memberi kesempatan kepada parpol terlebih dulu untuk melakukan perbaikan.

Ferry menambahkan, jika  setelah masa perbaikan namun parpol belum juga memerbaiki daftar bacaleg bermasalah, baru KPU dapat melakukan pencoretan. Menurutnya, sampai saat ini 74 orang petugas veriifikasi di tingkat pusat yang dibagi menjadi 12 tim sesuai jumlah parpol peserta pemilu 2014, masih terus menyisir nama-nama bacaleg.

"Jadi yang perlu digarisbawahi, dalam hal ini saya kira partai harus benar-benar dapat memunculkan bacaleg yang mumpuni dan berkualitas.  Jangan sampai secara persyaratan tidak terpenuhi. Karena kita tentu akan menyatakan nama-nama tersebut tidak memenuhi syarat menjadi caleg," katanya. [rob]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa