post image
KOMENTAR
Presiden SBY telah mempercayakan jabatan Menteri Keuangan kepada Chatib Basri.

Sebelumnya, SBY sudah menegaskan hal itu di Kantor Presiden. Namun hal itu ditegaskan Presiden lagi lewat akun twitternya @SBYudhoyono.

"Ia ekonom dengan pengalaman dan penugasan yang luas," tulis SBY, Senin (20/5/2013).

Menurut SBY lagi, selama sekitar satu tahun menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Chatib berhasil membuat investasi di Indonesia tumbuh signifikan, di saat negara lain merosot. Beberapa saat sebelum pengumuman, Chatib menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Kantor Presiden Jakarta.

Penunjukan ekonom UI itu berada di tengah kecurigaan publik bahwa akan ada intervensi asing yang lebih kuat kepada keuangan Indonesia. Beberapa waktu lalu, mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier memprediksi siapa pengganti Agus Martowardojo.

"Saya yakin menteri keuangan pengganti Agus Martowardojo yang  akan ditunjuk SBY adalah orang  yang sudah direstui Washington DC,"  tegas Fuad Bawazier seusai tampil sebagai pembicara pada diskusi di DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (16/5/2013).

Keyakinan Fuad didasarkan pada realitas pemerintahan SBY selama ini sangat pro Amerika Serikat. Jika itu terjadi, dia pun meyakini menteri keuangan yang baru tak membela kepentingan rakyat tapi membela kepentingan Barat.

Sedangkan mantan Menko Perekonomian, Rizal Ramli, mengatakan, kalau Menkeu baru "lembek" atau kompromistis, maka akan terulang lagi kasus korupsi berjamaah di anggaran yang melibatkan partai dan pejabat pemerintah.[rmol/hta]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa