post image
KOMENTAR
Jumlah investor Sumatera Utara di pasar modal terus naik atau sudah mencapai 16.700 orang hingga Mei di tengah target Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Medan menambah 10.000 investor baru tahun ini.

''Jumlah investor di pasar modal terus naik atau sudah 16.700 orang dari jumlah di tahun 2012 yang masih 15.872 orang,'' ujar Kepala PIPM Bursa Efek Indonesia Perwakilan Medan, M Pintor Nasution di Medan.

Terjadinya peningkatan jumlah investor itu menyenangkan di tengah ada kekhawatiran berkurangnya minat bermain saham dampak krisis global dan sebaliknya terjadi serbuan investor asing di dalam pergerakan bursa saham Indonesia.

Dia mengakui, PIPM Medan memang melakukan jemput bola mulai ke investor pemula di kalangan mahasiswa hingga membuka kelas khusus untuk menyosialisasikan soal saham di pasar bursa.

Jemput bola khususnya ke kalangan mahasiswa dan pemula itu semakin diakui lebih mudah karena dewasa ini banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan paket investasi dengan nominal rendah atau hanya ratusan ribu Rupiah saja.

Untuk mendapatkan investor dari kalangan mahasiswa itu, PIPM Medan sedang berupaya membuka Galeri Investasi di beberapa universitas Sumut.

''Penarikan investor baru juga terbantu dengan kondisi IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) di awal 2013 yang menunjukkan positif,'' katanya seperti dikutip dari liputanbisnis.

Adapun minat investasi investor Sumut dewasa ini ke saham properti dan konstruksi.

Dia menjelaskan, sebenarnya potensi Sumut masih sangat besar karena selain sumber daya alam (SDA)nya bagus, sumber daya manusianya juga semakin bagus yang memicu pertumbuhan perekonomian rakyat.

''Perusahaan sekuritas sudah melirik potensi yang besar itu yang ditandai dengan semakin banyaknya jumlah perusahaan yang membuka cabang di Sumut,'' katanya.[ans]

Teknik Aroponik Bikin Petani Panen Kentang Di Udara

Sebelumnya

Trend Ekspor Indonesia Ke Negara Asean

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi