post image
KOMENTAR
Setelah 12 tahun lebih bertempur, akhirnya Amerika Serikat dan Taliban memutuskan untuk bertemu dan membicarakan perundingan damai pada Kamis (20/6/2013) ini.

Taliban yang telah membuka sebuah kantor perwakilan di Doha, ibukota Qatar, Selasa ini mengatakan akan memulai kembali pembicaraan damai dan menyatakan menginginkan satu penyelesaian politik yang bakal mencipta pemerintahan yang adil serta mengakhiri pendudukan asing di Afghanistan.

Para pejabat AS mengatakan negosiasi akan berlangsung di Doha hari Kamis esok, di tengah kekhawatiran proses perundingan ini tidak menghasilkan apa-apa.

"Ini akan menjadi sebuah proses panjang nan sulit jika itu memang demi kemajuan yang signfikan," kata seorang pejabat senior AS seperti dikutip Reuters.

Presiden Barack Obama sendiri pernah menyatakan operasi tempur AS tak akan berhenti, apalagi belum lama ini empat tentara AS tewas dalam satu serangan ke Pangkalan Angkatan Udara Bagram di Afghanistan.

Tujuan utama manuver diplomasi ini akan mendudukkan wakil pemerintahan Presiden Hamid Karzai dan Taliban dalam negosiasi langsung bagi masa depan Afghanistan.

Obama sendiri mengatakan proses perdamaian ini tidak akan mudah atau cepat. "Ini adalah langkah penting pertama bagi rekonsiliasi kendati ini adalah langkah yang sangat dini," kata Obama.
   
Ketika membuka kantor perwakilannya di Qatar, Taliban mengaku tengah berupaya mencari solusi politik namun memang belum ada kesepakatan soal jadwal negosiasi.

Wakil Taliban Mohammed Naeem berkata kepada wartawan bahwa mereka ingin menjalin hubungan yang baik dengan semua negara di dunia.

"Namun emirat Islam Taliban memandang kemerdekaan bangsa ini dari pendudukan adalah kewajiban nasional dan agama," kata dia. [ant/hta]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa