post image
KOMENTAR
Pemerintah Provinsi Riau telah mengeluarkan surat edaran siaga darurat kabut asap akibat kebakaran hutan di daerah ini.

"Sejak 17 Juni lalu, kami telah menerbitkan surat edaran ke Dinkes di seluruh kabupaten dan kota se-Riau. Surat edaran tersebut menyatakan Riau telah siaga I untuk kasus kabut asap," kata Kepala Dinkes Riau Zainal Arifin, Kamis (20/6/2013).

Zainal mengatakan, status siaga darurat kabut asap ini menutut  seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Riau bertindak cepat.

"Kami juga meminta seluruh petugas Dinkes proaktif dalam menanggapi berbagai persoalan kesehatan masyarakat terkait tercemarnya udara oleh kabut asap dalam satu pekan terakhir," katanya.

Upaya penanganan atas gangguan kesehatan masyarakat, menurut dia, sebaiknya juga dilakukan sdengan cepat guna menghindari berbagai risiko yang lebih parah.

Kabut asap akibat  kebakaran hutan di Riau berpotensi mendatangkan berbagai penyakit berbahaya khususnya infeksi saluran pernafasan akut (Ispa).

Jumlah penderita Ispa untuk beberapa kabupaten dan kota di Riau terus meningkat cukup signifikan. Di Dumai, penderita Ispa naik drastis mencapai 15 persen setiap minggu.

"Hingga pekan ini saja, kami mencatat ada sekitar 393 kasus Ispa," kata Kepala Dinkes Dumai Marjoko.

Meningkatnya jumlah penderita Ispa juga terjadi di Kabupaten Bengkalis, mencapai 20-30 persen atau lebih dari 500 jiwa. [ant/hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas