post image
KOMENTAR
MBC. Memperingati Hari Jadi ke-423 Kota Medan Tahun 2013 yang jatuh 1 Juli 2013, Pemko Medan akan menggelar serangkaian kegiatan. Mulai fun bike,  senam massal dan gerak jalan beregu, car free day dan Medan bersepeda sampai malam hiburan rakyat yang diberi nama Semarak Karya Nusantara akan dipersembahkan kepada seluruh warga Kota Medan.

Selain menampilkan sejumlah artis ibukota, malam hiburan akan dipungkasi dengan pesta kembang api menyambut datangnya 1 Juli.

Menurut Kabag Humasy Budi Hariono SSTP MAP, acara peringatan Hari Jadi Kota Medan ini dibagi dua yaitu acara pokok dan acara tambahan. Untuk acara pokok digelar tepat 1 Juli 2013 diawali dengan upacara bendera di Stadion Teladan Medan, ziarah ke Tamam Makam Pahlawan Bukit Barisan Jalan SM Raja Medan dan Rapat Paripurna Istimewa  DPRD Kota Medan yang digelar di Hotel Grand Aston Medan.

Sedangkan untuk acara tambahan, jelas Budi, dimulai 23 s/d 30 Juni mendatang. Untuk fun bike, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi Kota Medan ke-423 Tahun 2013 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (23/6). Rencananya, even ini akan diikuti sekitar 5.500 peserta berasal dari Pemko Medan, TNI, Polisi serta masyarakat umum.

''Bagi masyarakat yang ingin mengikuti fun bike tidak akan dikenakan biaya alias gratis,'' kata Budi dalam siaran persnya yang diterima MedanBagus.Com, sesaat lalu, Jumat (21/6/2013).

Ditambahkannya, rute yang akan dilalui Jalan Kapten Maulana Lubis-Jalan Raden Saleh-Jalan balai Kota-Jalan Putri Hijau-Jalan H Adam Malik-Jalan Gatot Subroto-Jalan Iskandar Muda-Jalan Gajah Mada-Jalan S Parman-Jalan Sudirman-Jalan Suprapto-Jalan Pemuda-Jalan Ahmad Yani-Jalan Perdana  dan finish di Jalan Pengadilan (Lapangan Merdeka)

Kemudian senam massal dan gerak jalan beregu di Stadion Teladan, Sabtu (29/6). Budi memperkirakan  jumlah peserta yang akan mengikuti kedua kegiatan ini  sekitar 5.000 peserta berasal dari pegawai seluruh SKPD di lingkungan Pemko Medan, masyarakat umum, Dinas Pendidikan dan siswa sekolah.

Keesokan harinya, Minggu (30/6),  dilanjutkan dengan kegiatan Car Free Day dan Medan Bersepeda.  Untuk Car Free Day,  dipusatkan di Lapangan Benteng Medan. Sedangkan Medan Bersepeda start dimulai dari Lapangan Benteng dan finish di Lapangan Merdeka.

''Menurut rencana, kegiatan Medan Bersepeda akan diikuti sekitar 50 orang peserta Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2013. Mereka bersepeda akan didampingi oleh Komunitas Sepeda Ontel,'' jelas Budi.

Usai Car Free Day dan Medan Bersepeda, kata Budi,  acara tambahan ini akan diisi dengan Semarak Karya Nusantara yang digelar di Lapangan Benteng mulai pukul 15.00 WIB.  Masyarakat akan dihibur dengan penampilan band,  carnaval aneka l fashion dan dance.

''Malam  harinya masyarakat akan dihibur dengan penampilan artis dari ibukota Jakarta sampai jelang tengah malam. Tepat pukul 00.00 WIB menyambut datangnya 1 Juli,  dilaksanakan pesta kembang api,'' ungkapnya.

Di samping itu, lanjutnya lagi, sejumlah SKPD di lingkungan Pemko Medan juga melaksanakan beberapa kegiatan untuk terbuka bagi umum menyambut Hari Jadi Kota Medan tersebut. Salah satunya Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla) Kota Medan  dengan  membuat lomba dayung sampan tradisional di kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan, Sabtu (22/6).

Untuk itulah Budi berharap kepada seluruh masyarakat agar mengikuti rangkaian kegiatan yang digelar Pemko Medan dalam rangka hari jadinya ke-423. Demi suksesnya kelancaran seluruh kegiatan itu, Budi mengaku  seluruh instansi  yang telah ditugaskan telah menyatakan kesiapannya mendukung penuh kegiatan itu.

Termasuk dukungan pengamanan dari Polresta Medan yang berkoordinasi dengan Dandim 0201/BS dalam setiap even kegiatan yang digelar. [ans]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas