post image
KOMENTAR
Sebanyak 292 stand ikut meramaikan pameran dan Pasar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumatera Utara yang digelar di gedung Serba Guna Sumut jalan Panjing Medan, Senin (24/6/2013).

Keterangan yang diterima MedanBagus.Com, pameran yang dilaksanakan selama 7 hari mulai 24-30 Juni itu, selain diikuti setiap SKPD tingkat 1 Sumut dan kabupaten /Kota, juga mitra binaan kementerian koperasi dan UKM RI sebanyak 10 UKM terdiri dari 6 provinsi di luar sumatera yakni provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jogjakarta, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Selatan.

Dalam pembukaan Pameran dan pasar UMKM, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho bersama Wakil Gubernur Tengku Erry Nuradi MSi berharap pameran dan Pasar UMKM ini dapat menjadi even tahunan yang mempunyai ciri dan karakter khas Sumut. Sehingga kegiatan ini dapat optimal mempromosikan serta secara khusus membawa semangat terhadap pemberdayaan dan kemajuan koperasi UMKM di Sumut.

"Saya harap dengan kegiatan ini akan menjadi  satu media promosi dan publikasi serta dapat memberi semangat dan motivasi bagi para pelaku koperasi dan UMKM di Sumut," ujar Gatot yang mendampingi Deputi Menteri Koperasi dan UKM RI bidang Pemasaran Nedi Rafinaldi Halim.

Gubsu juga menyampaikan bahwa keberadaan jumlah koperasi dan UMKM yang ada di Sumut hingga Desember 2012 adalah sebanyak 11.349 unit koperasi, 1.453.064 unit usaha mikro, 698.665 unit usaha kecil dan 136.575 unit usaha menegah.

Dengan keberadaan usaha mikro ini, lanjut Gubsu memiliki daya lentur dan keluwesan yang memadai untuk beradaptasi terhadap perubahan yang dinamis. Kondisi inilah yang menjadikan usaha mikro dapat berperan sebagai penyangga perekonomian nasional di masa krisis ekonomi.

"Dalam hal ini UMKM harus mendapat perhatian dan dukungan oleh semua pihak baik dari segi kelembagaan, manajeman, keterampilan, sarana prasarana usaha permodalan promisi dan pemasaran koperasi sehingga koperasi dan UMKM akan semakin maju dan dapat menjadi kekuatan baru dalam masyarakat," tukasnya. [ded]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi