post image
KOMENTAR
MBC. Tiga lokasi yang memiliki keindahan taman laut fantastis ditemukan sejumlah penyelelam profesional, Kamis (4/7/2013). Gubernur Bali Made Mangku Pastika datang langsung ke Nusa Penida untuk mengetahui penemuan lokasi baru taman laut itu.

Taman laut itu ditemukan oleh penyelam yang tergabung dalam "Kingdom Indonesia Media Divers" di gugusan terumbu karang di tiga lokasi berbeda di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

"Kami mencoba mencari titik taman laut yang fantastis dan ternyata ditemukan di perairan Nusa Penida," kata Haji Sutrisno selaku Ketua Pelindung dan Penasehat "Kingdom Indonesia Media Divers di Nusa Penida.

Menurut dia, tiga lokasi yang memiliki keindahan taman laut terumbu karang tersebut berada di titik penyelaman, sedangkan di pesisir yang berdekatan dengan sebuah sekolah dasar sehingga disebut titik penyelaman SD, Toyapakeh, dan Crystal Bay.

Dia mengungkapkan ketiga lokasi itu memiliki kerapatan terumbu karang yang baik, air laut yang jernih, jarak pandang yang baik, dan keragaman biota laut yang luar biasa dibandingkan sejumlah titik penyelaman yang pernah dikunjungi di lokasi lainnya di Indonesia.

Penemuan lokasi penyelaman baru itu dilakukan melalui kegiatan "Exploration the Next Bali 2013" yang dimaksudkan untuk mencari lokasi baru untuk mendukung wisata bawah laut dan penelitian ragam biota laut di pulau yang dikenal tandus itu.

Nusa Penida memiliki beberapa titik penyelaman yang digemari para penyelam baik dari dalam maupun luar negeri yang melengkapi tiga lokasi baru itu di antaranya di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, dan Malibu Point.

Selain itu kawasan yang terletak di perairan Selat Badung itu juga dikenal sebagai tempat hadirnya ikan unik dunia yakni Mola-Mola atau "Sunfish".

Gubernur Pastika menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Bali mendukung pengembangan wisata bahari di kawasan itu karena akan memberikan peningkatan ekonomi yang besar bagi masyarakat setempat. [yhu]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam