post image
KOMENTAR
Yusril Ihza Mahendra mengakui tertarik mengikuti konvensi Partai Demokrat untuk menjaring capres yang akan diusung pada Pemilu 2014 mendatang. Namun, Ketua Majelis Dewan Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) itu punya 1 syarat yang harus dipenuhi Demokrat.

Syarat dimaksud adalah Demokrat mengubah peraturan yang mengharuskan peserta konvensi untuk non aktif dari aktivitas partai asalnya. Karena hal itu tidak bisa ia lakukan lantaran akan berdampak pada partainya.

"Non-aktif itu kan tidak ikut konvensi, kalau menang harus keluar dari partai sendiri. Kalau konvensi baru dilaksanakan bulan September, lalu saya non-aktif sampai pemilu, partai saya sendiri kan akan berantakan. Saya ingin itu dihilangkan saja," ujar Yusril dalam acara buka bersama di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Minggu (28/7/2013) malam.

Yusril menambahkan, peraturan itu yang membuat sejumlah tokoh keberatan mengikuti ajang konvensi tersebut. Untuk itu, hal tersebut hendaknya bisa menjadi pertimbangan Partai Demokrat untuk mengubah peraturan itu.

"Saya sudah nyatakan keberatan saya itu, dan Pak Mahfud juga menyampaikan keberatan yang sama. Jadi harusnya ada perbaikan," ucap dia.

Yusril sebelumnya bercerita, dirinya pernah ditawari SBY ikut konvensi. Meski begitu, Yusril hanya menjawab masih pikir-pikir sebelum memutuskan ikut Konvensi tersebut.

"Kata Pak SBY saat itu, sebaiknya Yusril ikut konvensi PD. Tapi dia sambil ketawa-ketawa (SBY), nanti lawannya Dahlan Iskan, Irman Gusman, saya bilang nanti saya pikir dulu. Kemudian kemarin Pak Jero Wacik telepon, dia disuruh untuk menanyakan tawaran SBY. Saya bilang masih mikir-mikir. Saya bilang gitu," ungkap Yusril saat komunikasi dengan Jero Wacik.

Menurut Yusril, persyaratan agar peserta konvensi meninggalkan partai asalnya itu adalah peraturan aneh dan tak adil.

"Saya kira tidak ada orang dari partai yang mau ikut konvensi Demokrat, kecuali dia mau jadi penghianat di partainya sendiri, kan itu tidak fair," imbuhnya.

Yusril menyatakan, dirinya mau meninggalkan partai yang dideklarasikan 15 tahun silam dengan syarat dia langsung duduk pada pucuk pimpinan Partai Demokrat.

"Saya tidak mau jadi kader biasa, kecuali jadi ketua umum atau ketua dewan pembina," ucap Yusril.

Semetara Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik mengatakan sejauh ini sudah ada 10 tokoh yang mau mengikuti konvensi Demokrat yang akan berjalan semi terbuka. Diantara 10 tokoh itu, lanjut Jero, ada 2 yang berasal dari partai lain. [ded]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa