post image
KOMENTAR
MBC. Harga tiket pesawat dari maskapai penerbangan reguler Medan-Jakarta seperti Lion Air dibandrol dengan harga mencapai Rp2,2 juta. Harga itu bahkan setara dengan pelayanan full service dari maskapai penerbangan berkelas seperti Garuda Indonesia (economy seat).

Harga tiket menembus Rp 2 juta untuk maskapai penerbangan reguler berbiaya murah (low cost carrier/LCC) seperti Lion Air sudah bertahan sejak sepekan terakhi. Harga tiket sebesar itu bahkan diperkirakan bertahan hingga pekan depan.

Pemicunya, salah satu adalah pemesanan tiket pesawat untuk rute itu penuh atau full booking. Dugaan kuat adanya permainan calo tiket yang melakukan booking seat pada waktu bersamaan melalui situs resmi maskapai bersangkutan.

''Kita pun tidak tahu kenapa sampai saat ini, online booking koneksi ke maskapai masih tetap penuh. Kalau mempelajari seperti kasus lama di Polonia, saat full booking ini, ada calo yang dengan sengaja booking seluruh seat maskapai agar dia bisa menjual sendiri dengan harga tinggi. Ini seperti kasus di Polonia. Tapi untuk itu, saya belum pastikan lagi,'' kata Pengelola RumahTiket Travel R Sinaga di Medan.

Sinaga mengakui, dari kondisi yang terjadi saat ini, harga tiket sangat tidak wajar menembus harga Rp 2,2 juta.

Alasannya, sulit dicari meskipun harga itu setara dengan pelayanan full service oleh maskapai penerbangan sekelas Garuda Indonesia.

''Kalau Garuda Indonesia saja untuk seat kelas ekonomi rata-rata dijual dengan kisaran harga Rp 1,4 juta hingga Rp 1,7 juta. Kalau harga Rp 2 jutaan, untuk seat Garuda Indonesia sudah bisa kelas bisnis. Jika calon penumpang bijak, lebih baik pakai Garuda Indonesia saja,''ungkapnya seperti dikutip dari liputanbisnis.

Namun, menurutnya, itu adalah opsi atau pilihan sendiri dari calon penumpang. Sebab saat pemesanan, pihak travel selalu memberikan tiket pesawat LCC terkecuali jika ada permintaan tersendiri dari sang penumpang untuk jenis maskapai tertentu.[ded]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi