post image
KOMENTAR
MBC. Kereta api Woojin yang sengaja diimpor dari Korea Selatan dan digunakan untuk kereta api khusus Bandara Internasional Kuala Namu (KNIA) dijadwalkan tiba hari ini, Senin (26/8/2013) di Pelabuhan Belawan, Medan.

Direktur Utama PT Railink M. Fadhil mengatakan jadwal kedatangan KA Woojin itu awalnya diperkirakan tiba kemarin, Minggu (25/8/2013). Namun, jadwal itu sedikit meleset akibat kendala ombak di perairan Selat Malaka.

''Sekarang posisinya sudah ada di Malaysia, kelihatannya ada masalah ombak di laut sehingga agak meleset. KA Woojin akan tiba di Belawan kalau tidak hari ini, Senin besok,'' ujarnya, Minggu (25/8/2013).

Rangkaian KA Woojin yang akan tiba di Pelabuhan Belawan pada tahap pertama sebanyak dua rangkaian.

Direncanakan akan ada empat set KA Woojin yang dapat digunakan untuk operasional KA khusus Bandara Kuala Namu yang akan tiba pada akhir September mendatang.

Sekadar diketahui, empat set KA yang dipesan dari Woojin Industrial System, produsen dan distributor kereta listrik terbesar di Korea Selatan tersebut menelan investasi sebesar Rp160 miliar. Satu paket KA Woojin terdiri dari 1 lokomotof dan empat gerbong sehingga total akan ada 16 gerbong.

Dia menuturkan kedatangan KA Woojin dari Korea Selatan itu tidak dapat langsung digunakan. KA tersebut perlu dirangkai terlebih dahulu kemudian dilakukan beberapa uji kelayakan dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Uji kelayakan KA Woojin, sambungnya, harus dilakukan karena terkait dengan keselamatan penumpang. Diharapkan proses tersebut tidak memakan waktu lama dan KA Woojin dapat beroperasi paling lambat pada 15 September 2013.

Apabila keempat rangkaian KA Woojin telah berfungsi maksimum, tuturnya, diperkirakan jumlah penumpang yang dapat diangkut mencapai 5.848 penumpang setiap hari. Dengan begitu, Railink menargetkan pendapatan tiket mencapai Rp125 miliar pada 2015 dan dapat terus meningkat hingga Rp180 miliar pada 2019.

Fadhil, seperti dikutip dari liputanbisnis  menjelaskan, KA Woojin terdiri dari 172 tempat duduk dengan operasional pada tahap awal sebanyak 26 kali lintasan. Setelah beroperasi secara penuh, KA Woojin akan memiliki 34 kali lintasan dengan masing-masing sebanyak 17 kali lintasan pulang-pergi.[ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas