post image
KOMENTAR
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan membangun tempat pengungsian yang lebih besar bagi korban letusan Gunungapi Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara.

Pasalnya, jumlah pengungsi bertambah menjadi 25 ribuan orang dari sebelumnya sekitar 17 ribu.

"Pengungsi sekarang naik menjadi 25.516 jiwa," ujar Kepala BNPB Syamsul Maarif di kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Jalan Pattimura, Jakarta, Senin (13/1).

Menurut Syamsul, pihaknya terus berupaya mengurangi jumlah pengungsi dengan mengatur jumlahnya pada beberapa lokasi. Lantaran, dari 25 ribu lebih pengungsi hanya tersedia 38 tempat pengungsian.

"Sebetulnya kita ingin memindahkan pengungsi, tapi mereka tidak bisa dipaksakan. Kadang kita hanya lihat berdasarkan sudut pandang, tapi kalau dipindahkan mereka tidak mau bagaimana," jelasnya.

Padahal, lanjut Syamsul, idealnya untuk satu orang pengungsi membutuhkan tempat seluas 3x3 meter persegi. Namun, tak sedikit pengungsi yang menolak dipindah ke tempat lain.

"Kita sedang memikirkan tempat pengungsian yang lebih besar. Jadi, kita perkirakan kalau erupsi sampai radius 10 kilometer kita harus siapkan untuk 111 ribu pengungsi," demikian Syamsul. [ded|rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas