post image
KOMENTAR
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nasional melansir
ada 19 gunung berstatus Waspada (level II), menyusul meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Kelud sejak Minggu (2/2/2014).

Ke-19 Gunungapi tersebut yaitu Kelud, Raung, Ibu, Lewotobi Perempuan, Ijen, Gamkonora, Soputan, Sangeangapi, Papandayan, Dieng, Seulewah Agam, Gamalama, Bromo, Semeru, Talang, Anak Krakatau, Marapi, Dukono, dan Kerinci.

"Saat ini dari 127 gunungapi aktif di Indonesia, 19 gunung berstatus waspada, ada 1 gunung berstatus Awas (level IV) yaitu Gunung Sinabung sejak (24/11/2013). Ada 3 gunung status Siaga (level III) yaitu Karangetang, Lokon dan Rokatenda. Sementara lainnya berstatus normal," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya kepada MedanBagus.Com, Senin (3/2/2014).

Menurut Sutopo, makna dari status Waspada adalah ada kenaikan aktivitas di atas level normal, apapun jenis gejala diperhitungkan. Tidak kritis. Yang diperlukan adalah sosialisasi, kajian bahaya, pengecekan sarana, dan piket terbatas.

Sedangkan makna status Siaga adalah semua data menunjukkan bahwa aktivitas dapat segera berlanjut ke letusan atau menuju pada keadaan yang dapat menimbulkan bencana.

Kondisinya kritis sehingga perlu sosialisasi di wilayah terancam, penyiapan sarana darurat, koordinasi harian, dan piket penuh.
 
"Karena itu, masyarakat dihimbau tidak panik dan cemas dengan hal ini," tambah Sutopo. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas