post image
KOMENTAR
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), menaikkan status Gunung Slamet di Jawa Tengah menjadi level Waspada. Hl ini disebabkan adanya peningkatan kegempaan dari Gunung Slamet yang berada di 5 kabupaten yakni Kabupaten Pemalang,Banyumas, Brebes, Tegal dan Purbalingga, sejak 2 Maret 2014.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

"Pada 8-10 Maret 2014 terjadi 441 gempa hembusan dan 9 kali gempa vulkanik dangkal. Kepala PVMBG telah melaporkan kenaikan status ini kepada Kepala BNPB," katanya, Selasa (11/3/2014)

Meski naik status menjadi waspada,namun masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak panik. BNPB merekomendasikan agar masyarakat maupun wisatawan tidak boleh melakukan pendakian, termasuk melakukan aktivitas pada jarak 2 kilometer dari gunung tersebut. Pihak BNPB sendiri telah melakukan sejumlah upaya penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya serta melakukan piket terbatas.

Data yang disampaikan, saat ini ada 1 gunung status Awas (level IV) yaitu G.Sinabung. 3 status Siaga (level III): Karangetang, Rokatenda, Lokon. Dan 19 status Waspada yaitu Slamet, Kelud, Raung, Ibu, Lewotobi Perempuan, Ijen, Gamkonora, Soputan, Sangeangapi, Papandayan, Dieng, Gamalama, Bromo, Semeru, Talang, Anak Krakatau, Marapi, Dukono dan Kerinci.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa