post image
KOMENTAR
Nama-nama 45 calon anggota DPRD Labuhanbatu periode 2014-2019 akhirnya sudah diketahui menyusul papat Pleno KPUD Labuhanbatu, Rabu (23/4/2014).

Sebanyak 11 saksi masing-masing partai politik peserta Pemilu 2014 bersama seluruh komisioner KPU Labuhanbatu turut membubuhkan tandatangan di lembar berita acara sertifikat Rekapitulasi penghitungan dan perolehan suara partai politik dan calon anggota DPR RI, DPD, DPRD Propinsi dan DPRD KAbupaten/kota model DB-1.

Berikut perolehan suara dan kursi dari Dapil III, IV, V

Dapil III
Perolehan suara terbesar masing-masing caleg dari 12 parpol peserta Pileg 9 April 2014, untuk dapil III Labuhanbatu, yakni kecamatan Bilah Hulu dan kecamatan Pangkatan diperoleh caleg Partai Golkar.

Yakni, caleg incumbent Nurmaya Sofa Tanjung. Suara yang disulang mencapai 6.697 suara. Lumbung suara Golkar di sana terletak di kecamatan Pangkatan 3.315 suara. Sedangkan di Bilah Hulu hanya 3.382 suara.

Kuota dapil III sebanyak 10 kursi. Untuk perolehan suara itu, Suryana (Demokrat) sebanyak 5.112 suara. Nurmaya Sofa Tanjung (Golkar) sebanyak 6.697 suara. HM Arsyad Rangkuti (Nasdem) mendulang 4.713 suara.

Abdul Karim (Gerindra) mendapat 2.787 suara. Kemudian, Azmain dari PPP mendapat 5.346 suara, sedangkan Mara Abidin Hasibuan (PBB) mendapat 3.760 suara, Suparji (PDIP) berhasil cukup signifikan mendapat 5.888 suara.

Selanjutnya, Saurina Pagaribuan (Hanura) mendapat 3.605 suara, Osman Naibaho (PKPI) berhasil mengumpul 2.822 suara. Ilham Pohan dari PKB dengan 5.176 suara.

Dapil IV
Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Labuhanbatu berhasil mendudukkan dua calegnya di legislatif setempat melalui Daerah pemilihan IV, meliputi kecamatan Bilah Hilir dan Panai Hulu.

Partai Wiranto itu merupakan parpol tertinggi perolehan suara. Yakni, 6.687 suara. Di posisi kedua, Partai Demokrat, mendapat suara 6627. Peringkat ketiga, partai Golkar 6249 suara. Keempat PDIP 5305 suara. Partai Gerindra 4311 suara. PAN 3910 suara dan PPP 2607 suara.

Nama-nama yang duduk dan menjadi dewan dari dapil IV Labuhanbatu, diantaranya Tengku Meliana dan Eka Purnama Sari dari partai Demokrat. Nurjannah Ritonga dan Gunawan Hutabarat dari partai Hanura. David Siregar (Golkar). Budiono (Gerindra), H Ilham (PPP), Milter Sinaga (PDIP) dan Zulham Irianto (PAN).

Di dapil V, meliputi kecamatan Panai Tengah dan Panai Hilir, Labuhanbatu didominasi partai Nasional Demokrasi (Nasdem). Partai besutan Surya Paloh ini kemungkinan akan berhasil mendudukkan satu calegnya di DPRD Labuhanbatu.

Yakni, Sri Indra Jaya. Partai Nasdem mendapat suara 4.758. Sedangkan Partai Demokrat dengan akumulasi 4.589 suara berhasil mendudukan Irham di kursi dewan. Dari PDIP untuk duduk di DPRD Parsono dengan total 4.361 suara partai. Herlina Hasibuan caleg PKS mendapat suara partai 3464 suara.

Perolehan suara PPP dengan total 2.297 suara untuk Muniruddin. Ema Wibasari Pasaribu dari PKB mendulang suara partai 2.876 suara. Dan Daniel Saut Parlindungan Tambunan dari PKPI berakumulasi 2.030 suara partai.

Dengan berakhirnya rapat pleno tersebut, maka dihasilkan sejumlah data tentang perolehan suara untuk legislatif di DPR RI, DPRDSU, DPD dan DPRD Kabupaten Labuhanbatu. Sehingga, hasil rapat tersebut menepis seluruh prediksi-prediksi yang ada di lapangan.

"Inilah (hasil pleno, red) data yang resmi. Data ini yang asli dan valid," ujar Ketua KPUD Labuhanbatu Ira Wirtati sesaat sebelum menutup rapat pleno KPUD tersebut. [ded]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa