post image
KOMENTAR

Pakar internasional yang melakukan penyelidikan menemukan sejumlah jasad korban tewas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di wilayah timur Ukraina pada Jumat (1/8).

Menurut pemerintah Ukraina, jumlah pakar internasional yang melakukan penyelidikan saat ini berjumlah 101 orang. Jumlah tersebut tergolong besar, mengingat akses ke lokasi kejadian yang cukup sulit karena memerlukan waktu beberapa hari serta harus melewati wilayah konflik terbuka yang masih terjadi antara pemerintah dan kelompok separatis pro-Rusia.

"Mereka menemukan jasad manusia. Mereka akan membawanya kembali ke Belanda untuk dilakukan identifikasi," kata Perdana Menteri belanda Mark Rutte dari Belanda.

"Situasi keamanan di lokasi tidak stabil dan sulit diprdeiksi," sambungnya dikabarkan Reuters.

Pakar internasional yang diterjunkan ke lokasi jatuhnya pesawat sebagian besar bearasal dari Belanda dan Australia, serta negara-negara lainnya yang bergabung dalam Organization for Security and Cooperation in Europe (OSCE).

Belanda memiliki peran yang besar dalam penanganan tragedi tersebut karena sebagian besar korban pesawat naas pada 17 Juli lalu itu merupakan warga negaranya.

Pesawat berjenis Boeing 777-200 itu diketahui mengangkut total 298 orang dalam penerbangan dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur. Namun pesawat diduga ditembak jatuh oleh rudal ketika melintas di wilayah timur Ukraina, tak jauh dari lokasi konflik yang tengah terjadi antara kelompok separatis dan pemerintah yang masih berlanjut sejak  beberapa bulan terakhir.[rmol/rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa