post image
KOMENTAR
Pendukung Jokowi-JK akan berpindah pilihan ke Prabowo-Hatta jika dilaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) Pilpres 2014. Besok, Mahkamah Konstitusi (MK) akan membaca putusan sengketa pilpres.

Pengamat politik Jajat Nurjaman mengatakan, pembentukan Tim Transisi menjadikan bebrapa faktor berpindahnya pendukung Jokowi-JK ke pasangan Prabowo-Hatta.

Pertama, penunjukan Ketua Tim Transisi Rini M Soemarno yang merupakan loyalis Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Rini M Soemarno sendiri pernah diduga terlibat kasus dugaan Korupsi penerbitan SKL (Surat Keterangan Lunas) BLBI serta pembelian pesawat Sukhoi yang pada saat itu Rini menjabat Presdir Astra Internasional hingga di sebutkan oleh DPR sebagai pelanggaran UU pertahanan dan UU APBN.

Kedua, penunjukan Hendro Priyono yang dianggap bermasalah karena diduga telah melakuakn pelanggaran HAM insiden Talangsari III Lampung dan kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said pada 7 Semptember 2004 ketika menjabat sebagai kepala Badan Intelejen Negara (BIN).

Ketiga, Janji Jokowi yang kerap kali diingkari oleh Jokowi sendiri sepertinya akan menjadi masalah paling serius yang tidak bisa dipungkiri. Pasalnya, Jokowi terlalu sering memberikan janji manis di awal kampanye, namun kerap diingkari ketika terpilih.

Jajat yang juga Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) ini menjelaskan, Tim Transisi yang dianggap cukup penting untuk membantu jalannya proses pemerintahan Jokowi selanjutnya setelah ada putusan dari Mahkamah Konstitusi nanti. Namun, melihat banyaknya kritik dari pendukung Jokowi sendiri menganai orang–orang yang terlibat di dalamnya yang mempunyai kedekatan dengan Megawati, sepertinya semakin menguatkan isu sebelumnya jika Jokowi adalah boneka Megawati.

"Sejak pertengahan Agustus Jokowi mulai ditinggalkan pemilihnya," tandas Jajat dalam keterangan tertulisnya kepada rmol.co, Rabu (20/8/2014).[rgu/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa