post image
KOMENTAR
Walikota Medan Dzulmi Eldin berharap pengurus rumah ibadah dapat menjaga keharmonisan dan kerukunan umat beragama, sehingga kemungkinan konflik yang terjadi dapat dihindari. Sebab, perpecahan hanya akan menghancurkan kebersamaan dan pembangunan yang telah dilakukan bersama selama ini. Harapan ini disampaikan Eldin ketika menghadiri acara Dialog Pengurus Rumah Ibadah yang digagas Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Medan di Grand Kanaya Hotel Jalan Darusalam Medann, Sabtu (23/8/2014).

Menurut Eldin, ada tiga upaya yang dapat dilakukan dalam membina kerukunan umat beragama. Pertama, pengurus rumah ibadah mengajak dan mendekatkan umatnya masing-masing pada kitab sucinya. Kedua, mendekatkan dan mendatangi rumah ibadah. Sedangkan ketiga, mengajak umat agar dekat pada tokoh agama.

"Jika ketiga hal ini dapat terlaksana, Insyaallah tidak ada persoalan keumatan yang tidak terselesaikan. Lalu menjadikan perbedaan dalam satu ikatan silaturahmi. Saya yakin dan percaya para pengurus rumah ibadah di Kota Medan mampu menjaga keharmonisan dan kerukunan tersebut," ungkap Eldin.

Terbukti sebut Eldin, sampai saat ini belum terdengar ada konflik yang terjadi di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini. Selain itu, kerukunan dan keharmonisan ini tercipta tidak terlepas dari kedewasaan warga Kota Medan dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat dan beragama dengan baik selama ini. 

"Ini layak mendapat acungan jempol. Kita tahu perpecahan hanya akan menghancurkan kebersamaan dan pembangunan yang selama ini telah kita lakukan bersama. Itulah yang menjadi alasan kita agar tetap menjaga harmonisasi kerukunan umat beragama," pungkasnya.

Sementara itu Ketua FKUB Kota Medan, Palit Muda Harahap  menjelaskan, FKUB bertugas merangkul semua umat beragama untuk selalu menjaga dan memelihara kerukunan serta kedamaian, khususnya di Kota Medan. Untuk itu FKUB sering menggelar dialog dengan tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan  para pelajar SLTA, termasuk dialog dengan pengurus rumah ibadah.

"Banyak lagi dialog yang akan kita laksanakan, tujuannya semata-mata agar kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama yang sudah terjalin selama ini dapat dipelihara dengan sebaik-baiknya," jelas Palit.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan