post image
KOMENTAR
Walikota Medan Dzulmi Eldin meminta kepada 5500 mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang baru saja mengikuti masa Ta'aruf, begitu selesai menyelesaikan pendidikannya mampu mejadi sosok yang peduli dan tanggap dengan perubahan, memiliki jiwa inovatif dan kreatif serta mampu menciptakan peluang usaha (entrepreneurship).

Menurut Eldin, pendidikan merupakan faktor dominan dalam kemajuan suatu Negara. Dengan pendidikan akan mencetak sumber daya manusia berkualitas, baik dari segi spiritual, intelegensi dan skill. Itu sebabnya pendidikan menjadi salah satu prioritas pembangunan kota dalam rencana pembangunan jangka menengah Kota Medan yakni, mewujudkan masyarakat kota yang berkualitas, melalui pengingkatan mutu pendidikan.

"Guna mencapai kualitas pendidikan yang semakin unggul, dibutuhkan peran serta kita semua. Harus ada sinergitas antara pemerintah dan lembaga pendidikan serta masyarakat. Termasuk, apa yang dilakukan UMSU sebagai lembaga yang bergerak di bidang pendidikan selama ini.  Karena itu UMSU dituntut untuk dapat mempertahankan hasil-hasil pembangunan pendidikan yang telah dicapai. Kemudian dapat mempersiapkan SDM yang kompeten agar mampu bersaing dalam pasar kerja global," Kata Eldin saat membuka Masa Penyambutan Mahasiswa Baru (MPMB) dan Masa Ta’aruf Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Tahun 2014  di Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan, Senin (25/8/2014).

Eldin menjelaskan, salah satu tuntutan pasar terhadap lulusan perguruan tinggi adalah kemampuan kewirausahaan.  Untuk itu dirinya berharap lulusan UMSU ini nantinya mampu mencipatakan lapangan kerja baru bagi masyarakat, sebagai wujud kemandirian lulusan sekaligus mendukung kemandirian bangsa.

Kepada 5500 mahasiswa baru yang terdaftar di 8 fakultas ini, Eldin berpesan agar mereka harus mampu menjadi pelaku wirausaha yang mengembangkan industri daerah dengan kompetitif. Sebab, tumbuh dan berkembangnya kegiatan UMKM saat ini merupakan peluang bagi segenap lulusan perguruan tinggi untuk mengembangkan perekonomian daerah melalui pemupukan jiwa entrepreneurship.

"Jadi manfaatkan waktu selama menempuh studi di Kampus UMSU ini dengan bersungguh-sungguh, timbalah ilmu sebanyak-banyaknya. Pembangunan bangsa membutuhkan pikiran dan gagasan berkualitas. Kota Medan membutuhkan kompetensi saudara, sumbangsih pemikiran dan kritik saudara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," pungkasnya.[rgu]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam