post image
KOMENTAR
Pelantikan caleg terpilih pada pemilu legislatif 9 April 2014 lalu akan berlangsung pada 15 September 2014 mendatang di Medan. Namun demikian, para caleg terpilih tidak semuanya sudah merasa tenang pasca kemenangan yang mereka raih pada pesta demokrasi tersebut.

Di Kota Medan, upaya untuk menggagalkan kemenangan para caleg tersebut masih terlihat, padahal KPU Medan sudah resmi mengumumkan caleg-caleg yang lolos dan akan segera dilantik sebagai anggota DPRD Medan periode 2014-2019. Hal ini dialami oleh Andi Lumban Gaol yang merupakan caleg terpilih dari PKPI dan Wong Cun Sen caleg terpilih dari PDI Perjuangan.

Nasib Wong Cun Sen sedikit lebih baik, sebab partai pengusungnya sudah mendapatkan klarifikasi dari KPU Medan terkait isu yang menyebutkan jika caleg terpilih mereka tersebut masih tercatat sebagai Bendahara DPP PKPI Sumut. Dengan demikian, masalahnya dianggap sudah selesai.

"Sudah selesai, kemarin kami memang mempertanyakan isu itu. Namun, kami sudah mendapatkan klarifikasinya dari KPU, jadi tidak ada masalah lagi," kata Sekretaris DPC PDI Perjuangan Medan, Roby Baru, Rabu (3/9/2014).

Sementara nasib caleg terpilih lainnya, Andi Lumban Gaol saat ini masih berproses di pengadilan. Hal ini karena Andi menggugat pemecatan yang dilakukan oleh PKPI selaku partai pengusungnya pasca kemenangannya sebagai caleg terpilih. Apalagi, pemecatan tersebut diikuti dengan permintaan kepada KPU Medan untuk menggantinya dengan caleg lain yang tidak lolos, sebelum jadwal pelantikan berlangsung.

Berbagai komentar dari masyarakat langsung muncul atas kondisi ini.

"Wah zalim benar, masa orang yang sudah menang mau diganti," kata James (37).

Senada dengan James, Suardi juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, pertarungan saat pemilu legislatif harusnya sudah selesai ketika KPU mengumumkan perolehan suara masing-masing.

"Kalau sudah menang, ya sudahlah. Caleg yang lain juga harus terima kekalahan. Ini pasti ada juga permainan caleg yang kalah, kalau KPU menerima pergantian ini, tentunya mereka yang jadinya dilantik, tapi itu nggak fairlah," ungkapnya.

KPU Medan sendiri mengaku tidak akan terpengaruh dengan persoalan-persoalan tersebut. Sejauh ini, mereka masih tetap mengacu pada hasil perolehan suara masing-masing caleg terpilih untuk diajukan sebagai caleg terpilih yang akan dilantik pertengahan september 2014.

"Kita tetap mengusulkan nama-nama mereka yang lolos," kata Komisioner KPU Medan, Pandapotan Tamba.[rgu]

Hilangnya Jati Diri Seorang Siswa

Sebelumnya

Delapan Butir Maklumat KAMI

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Opini