post image
KOMENTAR
Sumatera Utara menjadi tuan rumah penyelenggaraan Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2014 yang digelar pada Jumat dan Sabtu, 12-13 September 2014 yang dimeriahkan pawai artis film dan malam penganugerahan Piala Dewantara di Istana Maimun. 

Masyarakat Medan dan Sumatera Utara dapat menyaksikan langsung Pawai Artis dan Malam Penganugerahan AFI 2014 yang diselenggarakan di ruang terbuka (outdoor) yang juga disiarkan live di TVRI nasional dan Berita Satu TV. Malam Penganugerahan AFI 2014 digelar di halaman Istana Maimun pada Sabtu (13/9) malam. Sementara Pawai Artis dilaksanakan Jumat sore yang dimulai dari Merdeka Walk (Jl Balaikota) Jl Putri Hijau-Jl Perintis Kemerdekaan-Jl Kapten Maulana-Jl Imam Bonjol -Jl Sudirman dan finish di kediaman Gubernur Sumatera Utara.

Kepala Dinas Pariwisata Sumut E Marbun mengatakan terpilihnya Sumatera Utara sebagai lokasi penyelenggaraan AFI merupakan kebanggaan tersendiri. Menurutnya penyelenggaraan ini strategis dalam rangka promosi wisata dan budaya Sumatera Utara apalagi digelar di ikon wisata Sumut yaitu Istana Maimun yang juga menampilkan kebudayaan lokal.

"Dengan kegiatan ini maka jutaan mata masyarakat Indonesia akan tertuju ke sini. Ini tentunya sangat positif bagi promosi daerah," ujar Marbun, Jum'at (1/9/2014).

Sementara itu, Ketua Panitia AFI 2014, Robby Ertanto mengatakan masyarakat dapat menyaksikan langsung Apresiasi Film Indonesia ini sebagai bagian untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencintai film-film nasional. Masyarakat juga dapat mengunjungi Pameran AFI 2014 di Balairung Istana Maimun Medan yang bisa dikunjungi pada Jumat – hingga Sabtu siang. Pameran juga akan menghadirkan Kaleidoskop Bioskop Indonesia 1900 – 2014 Dari Sumatera Utara untuk Film Indonesia. Disamping pameran juga digelar Workshop: “Tips & Tricks Produksi Film Cerita: dengan nara sumber Angga Dwimas Sasongko.

Para pelajar SMAN 1 Medan dan SMA Methodis mendapat kesempatan “Meet and Greet” dengan sejumlah artis pada Sabtu. Direncanakan akan hadir artis senior Jajang C Noer, Chicko Jeriko, Reuben Elishama, Tamara Arlinda, Joko Anwar, dan Fachri Albar.

Puncak AFI adalah Malam Penganugerahan Piala Dewantara yang dilaksanakan di Halaman Istana Maimun. Di area terbuka ini, masyarakat dapat menyaksikan dari luar pagar Istana Maimun. Acara dimeriahkan sejumlah artis sebagai pengisi acara dan pembaca nominasi.[rgu]

Pemantapan Sebelum Dipentaskan Diajang Bergengsi, Mantra Bah Tuah Mendulang Dukungan dan Apresiasi

Sebelumnya

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Budaya