post image
KOMENTAR
Rakyat Skotlandia menggelar pemungutan suara untuk menentukan perpisahan dengan Kerajaan Inggris setelah 307 tahun hidup menjadi bagian dari Inggris. Hari ini, (Kamis waktu setempat), berbondong-bondong warga antusias menyalurkan aspirasinya.

Menurut Reuters, warga Skotlandia dari tempat-tempat terpencil di pegunungan hingga pulau-pulau kecil mendatangi tempat-tempat pemungutan suara.

Dikatakan pula, dari jejak pendapat prapemilihan  posisi sementara sedikit memenangkan rakyat yang pro Kerajaan Inggris.

Namun tidak dengan demikian dengan sejumlah selebrita Skotlandia. Bintang tennis Andy Murray Misalnya. Dia mengirimkan pesan kuat di saat-saat terakhir, yang memuat dukungannya untuk memilih.

 "Ya. Ayo kita lakukan ini (bagi kemerdekaan dari Kerajaan Inggris)" kicaunya di twitter setelah berbulan-bulan tak memperihatkan sikap politiknya atas wacana referendum.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond, yang sedang berkunjung ke Copenhagen , Denmark , mengatakan  Skotlandia akan memberi suara bagi penyatuan dengan Inggris.

"Harapan saya ialah rakyat Skotlandia akan memberi suara bagi penyatuan, penggabungan yang sangat berhasil yang telah mengantar semua rakyat Inggris selama bertahun-tahun," kata Hammond seperti yang dilansir dari Xinhua.

Ia juga mengatakan rakyat Skotlandia akan menikmati kekuasaan lebih besar jika mereka tetap bersatu dengan Inggris, sebab akan ada
"pendelegasian besar wewenang" kepada Pemerintah Skotlandia. [hta/ant]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa