post image
KOMENTAR
Kalah dalam perolehan suara jejak pendapat, Pemimpin Kemerdekaan Skotlandia, Alex Salmon menyatakan mundur.

Menteri Pertama Skotlandia itu juga menyatakan turun dari jabatannya sebagai pimpinan Partai Nasional Skotlandia (SNP).

"Saya percaya di situasi baru yang menggairahkan ini, diwarnai dengan kemungkinan, partai, parlemen, dan negara akan mendapat keuntungan dari kepemimpinan baru," kata Salmond dalam konferensi pers di Edinburgh seperti dikutip AFP.

Salmond berpesan kepada 1,6 juta orang Skotlandia yang memilih merdeka dari Inggris untuk tetap menekan Pemerintah Inggris agar memberikan kekuasaan yang baru sebagaimana janji pemberian otonomi kepada Skotlandia.

"Kami telah kalah dalam suara referendum, tapi Skotlandia tetap dapat membawa inisiatif politis. Skotlandia masih bisa muncul sebagai pemenang sebenarnya," katanya.

Politikus yang terus menyuarakan kemerdekaan Skotlandia dari Inggris itu mengaku tidak akan meminta dipilih kembali sebagai pimpinan partai dalam konferensi SNP pada November.

Salmond menyatakan mundur sebagai menteri pertama pemerintah devolusi di Edinburgh, yang dijabatnya sejak 2007, setelah penggantinya terpilih.

Salmond menjadi pemimpin SNP sejak 1990 dan mengabdi selama 10 tahun sebelum berhenti menyusul kekalahan partainya dalam pemilihan pertama sebagai sebuah parlemen devolusi Skotlandia.

Dia kembali pada 2004 dan menghabiskan satu dekade berikutnya sebagai pemimpin dan kemudian mundur dari jabatan itu. [hta]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa