post image
KOMENTAR
Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST,MSi menyerahkan 211.203 kartu BPJS Kesehatan untuk peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan melalui APBD Provinsi

Sumatera Utara, secara simbolik kepada warga Sumatera Utara dalam acara yang digelar di RSU Haji Medan, Selasa (30/9/2014).

Gubsu mengharapkan dengan didistribusikannya kartu tersebut para penerima bantuan iuran tidak mendapat hambatan dalam mendapatkan layanan kesehatan. Dalam sambutannya Gubsu mengatakan Jamkesmas yang menjadi kuota Sumut (keprsertaan PBI APBN:red) hanya 4,1 juta, namun masyarakat yang membutuhkan lebih besar, karenanya butuh Jamkesda Provinsi dan kabupaten/kota.

Berdasarkan data, saat ini 211.203 jiwa kepesertaan dicover oleh APBD Provinsi Sumut. Sementara itu ada 17 kabupaten/kota yang mengalokasikan anggaran APBD nya untuk bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dengan jumlah kepesertaan 252.043 jiwa. Ke 17 kabupaten/kota yang bekerjasama dengan BPJS tersebut adalah Binjai, Serdangbedagai, Tebingtinggi, Dairi, Pakpakbharat, Simalungun, Tobasamosir, Humbanghasundutan, Tapanuliutara, Tapanulitengah, Sibolga, Padanglawas Utara, Batubara, Tanjungbalai, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu Utara dan Asahan. Gubsu mengapresiasi ke 17 kabupaten/kota yang sudah mendukung program nasional, khususnya Phakpakbarat yang seluruh kepesertaan BPJS sebanyak 12.000 PBI ditanggung oleh APBD kabupaten tersebut.

Gubsu mengatakan targetnya seluruh masyarakat Sumut akan menjadi peserta BPJS sehingga dia mengajak warga masyarakat yang mampu mendaftarkan diri secara mandiri.

"Walaupun tidak sakit, anggaplah ini sebagai sebagai infak kita, walaupun tidak dimanfaatkan karena tidak sakit, tapi sangat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan," kata Gatot.

Dalam kesempatan itu Gubsu juga menghimbau warga Sumut untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga teratur dan makan makanan sehat, bergizi dan berimbang. Lebih jauh lagi, menurutnya menerapkan cara berfikir yang positif, sehat dan konstruktif juga bagian dari upaya memelihara kesehatan.

"Konsep BPJS Kesehatan ini terkandung semangat bersyukur, semangat gotong-royong, karena seenak-enaknya pelayanan rumahsakit mewah dan megah, tetap saja tidak enak karena sakit.Bagi yang mampu, mari kita membantu saudara-saudara kita yang tidak berkecukupan melalui kepesertaan BPJS Kesehatan," ujarnya

Sebanyak 211.203 kartu PBI APBD Provinsi Sumatera Utara menurut Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Dr Raden Roro Siti Hartati Surjantini MKes telah selesai dicetak oleh BPJS Kesehatan dan didistribusikan ke Kabupaten/kota. Saat ini dari 13.215.201 penduduk Sumut, sebanyak 6.352.938 jiwa sudah terlindungi BPJS Kesehatan diantaranya 4.129.297 PBI APBN.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan