post image
KOMENTAR
Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho mencanangkan gerakan "satu hari tanpa nasi" (one day no rice) di Sumatera Utara. Gerakan ini menjadi bagian dari program meningkatkan ketahanan pangan nasional yang dicanangan secara nasional oleh Presiden sejak tahun 2010 lalu.

"Di Sumatera Utara gerakan ini kita canangkan setiap hari Selasa, dimulai PNS sebagai pelopor setiap minggunya," katannya dalam acara peringatan hari pangan se Dunia di Kantor Badan Ketahanan Pangan Sumatera Utara, di Jalan AH Nasution, Medan, Selasa (14/10/2014).

Gatot menyebutkan, gerakan satu hari tanpa nasi ini akan dipadukan dengan kearifan lokal di Sumatera Utara yakni Manggadong (makan ubi). Kearifan tradisional ini menurutnya menjadi salah satu alternatif tepat untuk menggalakkan gerakan "satu hari tanpa nasi" yang digagas.

"Artinya makan ubi bisa dijadikan sebagai pengganti nasi untuk memenuhi karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh," jelasnya.

Data yang disampaikan, konsumsi beras per kapita setiap tahunnya di Sumatera Utara masih berada diatas rata-rata nasional. Dimana konsumsi beras di Sumut per kapita mencapai 134 kg/tahun, konsumsi beras secara rata-rata nasional yakni sebesar 116 kg perkapita/tahun.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pemerintahan