post image
KOMENTAR
Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan masa jabatan bakti 2014-2019 didominasi wajah baru. Sementara itu, untuk periode sekarang ini, tiga dari empat unsur pimpinan berasal dari daerah pemilihan (dapil) II. Sedangkan pada periode 2009-2014, empat pimpinan DPRD dikuasai politisi dari Dapil I, masing-masing Ketua Amiruddin (Demokrat), Wakil Ketua Sabar Syamsurya Sitepu (Golkar), Ikrimah Hamidy (PKS) dan August Napitupulu (PDI P).

“Dari empat pimpinan dewan sekarang, tiga di antaranya berasal dari Dapil II. Berarti untuk periode ini pimpinan dewan dikuasai oleh politisi dari Dapil II. Kalau periode sebelumnya (2009-2014) dikuasai Dapil I,” ujar Rizal, Minggu (19/10), seorang warga yang hadir saat rapat paripurna penetapan pimpinan DPRD Medan digelar Jumat pagi (17/10).

Seperti diketahui, empat pimpinan DPRD Medan masa jabatan 2014-2019, resmi ditetapkan dalam rapat paripurna dewan, Jumat pagi (17/10), Sebagai ketua adalah HJ Hutagalung (PDI-P), dan masing-masing Wakil Ketua, Iswanda Ramli (Golkar), Ihwan Ritonga (Gerindra) dan Burhanuddin Sitepu (Demokrat).

Selanjutnya nama-nama unsur pimpinan DPRD Medan yang telah ditetapkan itu akan disampaikan ke Gubernur Sumatera Utara melalui Walikota Medan, guna diterbitkan Surat Keputusan (SK) terhadap mereka, dan dilantik. Proses penerbitan SK ini kemungkinan akan memakan waktu satu minggu.

Usai rapat paripurna, sejumlah ketua fraksi di DPRD Medan berharap Gubernur Sumatera Utara sesegera mungkin menerbitkan SK pimpinan defenitif DPRD Medan, mengingat sudah banyak laporan masyarakat di Kota Medan yang perlu ditindaklanjuti.

"Kita sangat mengharapkan sepekan ke depan bisa diselesaikan Gubernur (keluar SK mereka-red)," kata Ketua Fraksi Golkar Ilhamsyah waktu itu.

Menurut dia, sangat penting proses pendefinitifan ini disegerakan, sehingga DPRD Medan bisa melaksanakan fungsinya.

"Kita sangat berharap ini bisa segera diselesaikan, sehingga alat kelengkapan DPRD bisa segera dibentuk guna menindaklanjuti permasalahan yang ada," ujarnya.

Senada dengan Ilhamsyah, Ketua Fraksi PKS DPRD Medan Muhammad Natsir menyampaikan harapannya agar proses pendefinitifan bisa segera dilaksanakan secepatnya, sehingga prosesnya tidak berlarut.

"Kita sudah banyak menerima keluhan dan permasalahan dari masyarakat. Untuk itu pendefinitifan pimpinan ini sangat penting disegerakan, sehingga DPRD bisa membentuk alat kelengkapan dewan," tegas Nasir.

Terpisah, Wakil Ketua Sementara DPRD Medan, Iswanda Nanda Ramli, berharap sepekan ke depan proses administrasi bisa segera dirampungkan. “Dan DPRD bisa melakukan langkah-langkah guna menyusun alat kelengkapan dewan,” pungkasnya. [hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas