post image
KOMENTAR
Masyarakat di Indonesia hingga saat ini masih yakin bahwa mengoleskan bawang merah yang dicampur minyak kayu putih mampu meredakan demam atau masuk angin bagi balita. Namun taukah anda, praktik ini ternyata bisa membahayaka bagi balita tersebut.

Menurut Konsultan tumbuh kembang Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, RS Cipto Mangunkusumo, dr. Bernie Endyarni Medise, Sp. A (K), MPH, penggunaan bawang merah dapat membuat kulit balita iritasi.

"Penerapan pola lama seperti mengolesi bawang merah atau balsem pada balita yang mengalami perut kembung seringkali menyebabkan iritasi pada kulit balita. Hal ini dapat menganggu kenyamanan dan memengaruhi proses tumbuh dan kembangnya," kata Berni saat Seminar Pure di Jakarta, ditulis Senin (20/10/2014).

Bernie melanjutkan, iritasi dapat membuat balita tidak nyaman dan kondisi ini akan ditandai dengan munculnya kemerahan pada lipatan-lipatan kulit balita sehingga mereka mengalami nyeri dan akhirnya rewel.

"Jika kondisi ini berkepanjangan, akan menganggu tidur maupun gerakan atau aktivitas balita," ujarnya.[rgu]

Inovasi Pemutus Rantai Penularan Tuberculosis Paru Melalui Wadah Berisi Lisol Terintergrasi Startegi Derectly Observed Treatment Shourtcourse (DOTS)

Sebelumnya

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Kesehatan