post image
KOMENTAR
Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho menyebutkan, saat ini pihaknya sudah mempersiapkan bantuan bibit kepada para petani yang lahannya terkena dampak erupsi gunung Sinabung. Pernyataan itu diungkapkan Gatot, menjawab kegelisahan para petani yang saat ini masih tinggal di posko pengungsian yang ada di Kab.Karo. Menurut pengakuannya, Dinas Pertanian Sumut dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengatasi permasalahan disektor pertanian.

"Kita (Pemprovsu-red) melalui instansi terkait sudah mempersiapkan bantuan untuk disalurkan kepada para petani yang tinggal dipengungsian. Akan tetapi semua itu harus harus dilakukan secara bertahap dan melalui kajian yang mengacu pada anggaran yang ada di Pemerintah Provinsi," ungkapnya kepada medanbagus.com, Selasa (21/10/2014).

Bukan hanya bantuan pembibitan yang tengah dipersiapkan, pihaknya juga sudah mengajukan bantuan permodalan ke pemerintah pusat. Akan tetapi berdasarkan diskusi dilintas sektoral, bantuan permodalan itu dialihkan menjadi kegiatan pelatihan.

"Nantinya akan ada pelatihan UMKM bagi petani yang tinggal di pengungsian. Sehingaa mereka tidak lagi berpatokan pada lahan yang saat ini sudah tertutup debu vulkanik. Jika erupsi sudah tidak terjadi lagi, silahkan untuk kembali ke profesi semula. Yang terpenting, solusi untuk mengatasi krisis keuangan sementara dapat teratasi," pungkasnya.[rgu]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas