post image
KOMENTAR
AirAsia Indonesia resmi mengoperasikan rute Medan – Yogyakarta – Medan melalui penerbangan perdana yang berangkat dari Bandara Internasional Kualanamu, Medan dan Bandara Internasional Adisucipto, Yogyakarta, hari ini, Selasa (21/10/2014), pagi. Rute ini akan dilayani dengan mengoperasikan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi.

Penerbangan QZ 8074 yang membawa sebanyak 170 penumpang lepas landas tepat pukul 06.15 WIB, menandakan dimulainya rute penerbangan harian (7x seminggu) yang menghubungkan dua kota besar di wilayah barat Indonesia. Sedangkan penerbangan perdana Yogyakarta – Medan dengan nomor penerbangan QZ 8075 lepas landas tepat pukul 09.25 WIB membawa sebanyak 160 penumpang.

"Kami sungguh bangga untuk menjadi maskapai pelopor rute penerbangan Medan – Yogyakarta – Medan. Pembukaan rute ini merupakan wujud komitmen kami dalam menciptakan pasar baru dan menghadirkan konektivitas terbaik di tanah air. Kini, pelanggan AirAsia yang berada di Medan maupun di Yogyakarta dapat terbang langsung tanpa harus transit di Jakarta sehingga kami berharap penerbangan ini dapat semakin mengakomodir konektivitas udara yang lebih efisien, disamping turut berkontribusi dalam meningkatkan aktivitas komersial antar dua kota besar tersebut," kata Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko,melalui rilis kepada redaksi.

AirAsia Indonesia saat ini mengoperasikan 119 penerbangan per minggu dari hub Medan ke beragam destinasi seperti Jakarta (25x seminggu), Yogyakarta (1x sehari), Kuala Lumpur (7x sehari), Penang (31x seminggu), dan Bangkok (1x sehari). Selama periode Januari – September 2014 AirAsia Indonesia telah menerbangkan sebanyak 920.738 penumpang dari hub Medan, meningkat sebesar 41% dari 653.593 penumpang selama periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan dari Yogyakarta, AirAsia telah melayani sebanyak 74 penerbangan per minggu dari Yogyakarta yang melayani 3 rute domestik menuju Jakarta (28x per minggu), Medan (7x per minggu) dan Bali (14x per minggu) dan 1 rute internasional menuju Singapura (7x per minggu) dioperasikan oleh AirAsia Indonesia (QZ) sedangkan AirAsia Malaysia (AK) melayani 2 rute internasional menuju Kuala Lumpur (14x per minggu), dan Johor Bahru (4x minggu). Adapun selama tahun 2013, AirAsia telah mengangkut sebanyak 711.632 penumpang dari Yogyakarta atau meningkat sebesar 28% dibandingkan tahun sebelumnya 2012 sebanyak 556.441 penumpang.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi