post image
KOMENTAR
Dalam rangka menumbuhkembangkan, peningkatan penguasaan, pemanfaatan kemajuan iptek dan pengolahan potensi sumberdaya daerah dalam perumusan prioritas kebijkan Pemerintah daerah yang berhasil dan berdaya guna dalam pelaksanaannya perlu keterlibatan para pakar yang berpengalaman dari unsur Akademis, Bisnis Government. Dan Masyarakat di daerah.           

Sehubungan dengan itu, Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi, Kamis( 23/10/2014), bertempat di Hotel Grand Antares Medan melantik Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi Sumut priode 2014-2019.           

Hadir dalam pelantikan sekaligus Rapat Koordinasi Daerah Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sumut Tahun 2014 Kepala Balitbang Kementerian Dalam Negeri RI Dr Apriadi Hasibuan, Assiten Deputi Bidang Jaringan Iptek Kementerian Riset dan Teknologi Drs Momon Saditomo MT, Ketua Dewan Riset Nasional Prof Karunia Firdaus serta para asisten, Staf ahli dan Pimpinan SKPD Provinsi Sumut serta para Kepala Balitbang Se-Sumut.

DRD Provinsi Sumut merupakan Lembaga Non Struktural, yang merupakan himpunan para pakar peneliti di daerah, berkedudukan di Sumut dan secara fungsional Sekretariat DRD berada pada Balitbangda Provinsi Sumut.           

Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi dalam sambutannya  meminta kepada DRD yang baru dilantik agar mau pro -aktif menyikapi berbagai permasalahan aktual yang dihadapi oleh masyarakat Sumut dan terus melakukan diskusi secara progresif dan periodik untuk memberikan masukan kepada kami selaku Gubernur agar kami mendapatkan rekomendasi kebijakan yang tepat dalam menghadapi permasalaham pembangunan.

"Tentunya hal ini merupakan bentuk upaya keseriusan dan langkah pemerintah provsu agar litbang ke depan dapat lebih baik dengan didukung berbagai elemen," harapnya.

Gubsu juga mengharapkan lembaga kelitbangan di daerah dalam merumuskan berbagai kebijakan yang menyangkut pembanguna iptek dan kebijakan lainya di Sumut sehingga mampu mengakomodir kebutuhan yang berkembang, aspiratif, demokratis serta dapat dipertangung jawabkan secara konstitusi, normatif dan akademis.

"Saya kira sudah saatnya Balitbang dan DRD berperan sebagai gudang pemikur untuk kemajuan Sumut, dan saya harap juga pada rakortda litvang dapat m$erumuskan pemantapan kebijakan dalam penguatan program kelitbangan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah daerah," tutupnya.

Sementara itu Kepala Badan Penelitian dan Pengembanagan Provinsi Sumut Ir H Alwi MSi melaporkan bahwa pentingnya peran dan fungsi lembaga kelitbangan serta mencermati kondisi organisasi lembaga Balitbanag di Sumut maka koordiasi perlu ditingkatkan untuk menciptakan konsolidasi dan komunikasi intensif antar lembaga kelitbangan di Sumut sehingga terbangun sinergitas program dan kegiatanya.

"Rakorda litbang Provsu merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Balitbag Sumut yang diorientasikan dalam rangka peningkatan peran dan fungsi penelitian dan pegembangan di Sumut," katanya.

Tujuannya, agar meningkatkan koordibasi dan sinergitas antara lembaga kelitbanga di Sumut mempertajam program dan kegiartan keitbangan secara terarah dan terfokus dalam upaya mendorong kreatifitas dan inovasi daerah serta meningkatkan kualaitas penelitian dan pengembagan sebagai bahan pengambilan keputusan.

"Sasarannya adalah Terciptanya koordinasi dan sinergitaas antar lembaga kelitbangan, tersusunya rumusan untuk penguatan program dan kegiatan kelitbagan yang terarah dan terfokus dan tersusunya rumusan untuk peningkatan kualitas penelitian dan pengembangan," tambahnya.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan