post image
KOMENTAR
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyediakan anggaran pembangunan 370 rumah/huntap. Sementara Bupati Karo sebagai pelaksana pembangunan huntap tersebut.

Hal itu merupakan satu dari empat kesimpulan rapat koordinasi yang dipimpin Kepala BNPB, Syamsul Maarif bersama K/L dengan Pemda Karo, Pemprov Sumut dan TNI. Rakor ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo  saat meninjau langsung pengungsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dalam kesempatan itu, Jokowi memerintahkan relokasi pengungsi dipercepat .

Sementara itu TNI akan segera membangun jalan panjang 3,8 Km dan lebar 12 meter dengan menggunakan dana oncall BNPB sebesar Rp 10 miliaar dengan pola TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa).

Sedangkan kementerian dan lembaga terkait akan membantu pembangunan sarana prasarana di lahan relokasi sesuai dengan tupoksinya. Kesimpulan keempat, Gubernur Sumut dan Bupati Karo  sebagai penanggungjawab pelaksanaan pembangunan huntap dan relokasi.

"BNPB juga berharap agar Pemda Karo dan Pemprov Sumut juga mengalokasikan anggaran untuk menangani Sinabung. Tidak seluruhnya mengandalkan bantuan dari pusat," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran persnya (Rabu, 29/10).

Sutopo menjelaskan, saat ini pengungsi Sinabung sebanyak 3.284 jiwa (1.018 KK) yang tersebar di 12 titik pengungsian.

Dalam kunjungannya, ada 4 arahan Presiden Jokowi agar mempercepat relokasi pengungsi Sinabung.

1). Memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar segera mempercepat ijin lahan relokasi seluas 450 ha di Kacinambun Puncak 2000 dan akses jalan menuju lokasi huntap sepanjang 3,8 km dan lebar 12 meter. Surat ijin harus selesai dalam 2 hari.

2). Pemda Karo segera mempercepat pembangunan jalan menuju lokasi relokasi sepanjang 3,8 km dan lebar 12 meter dengan melibatkan pasukan  Zeni TNI.

3). Untuk mengantisipasi ancaman erupsi Gunung Sinabung ke depan maka perlu disiapkan relokasi bagi 4 desa dan 1 dusun untuk jangka panjang yaitu: Desa Guru Kinayan, Desa Berasitepu, Desa Gamber, Desa Kota Tunggal, dan Dusun Sibintun.

4). Untuk jangka pendek disegerakan relokasi bagi Desa Bekerah, Simacem, Sukameriah. [rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan