post image
KOMENTAR
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyatakan akan melakukan rehabilitasi saluran irigasi pada lahan seluas 41 ribu hektar di Sumatera Utara. Rehabilitasi saluran irigasi ini dimaksudkan guna mendorong tingkat kesejahteraan petani sekaligus menjaga ketahanan pangan nasional.

Hal tersebut disampaikan Mentan Andi Amran Sulaiman, saat meninjau beberapa saluran irigasi pada lahan pertanian di Kabupaten Sedang Bedagai, Sumatera Utara, Kamis (27/11/2014)

Ia menyatakan, irigasi yang baik akan menjamin hasil produksi padi yang berkualitas. Dengan demikian, tingkat kesejahteraan petani akan membaik.

 "Tidak itu saja, dengan hasil padi yang baik akan menjaga ketahanan pangan nasional. Saya juga berharap Pemrintah Daerah mendukung impian Indonesia swasembada beras," harap Andi.

Guna merealisasikan hal itu, Kementerian Pertanian akan membantu rehabilitasi sejumlah irigasi primer yang tersebar di sejumlah kabupaten di Sumut dengan total luas cakupan pengairan mencapai 41 ribu hektar.

"Alokasi rehabilitasi irigasi untuk Sumut lebih besar disbanding Lampung," sebut Andi.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan 375 unit traktor, 16 unit hand traktor dan 241 unit pompa air dan bantuan optimasi 8.000 hektare lahan.

"Ini bantuan terbesar dalam sejarah sebagai kompensasi kongkrit dari pengalihan subsidi BBM," sebut Andi.

Sebelumnya malam tadi, Mentan dijamu makan malam oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi. Hadir dalam acara tersebut Bupati Deliserdang Azhari Tambunan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Syaiful Bahri, Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Syahrianto, Kepala Dinas Pertanian Sumut M Roem, Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Arsyad Lubis, sejumlah SKPD Pemrintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Kabupaten/Kota.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi