post image
KOMENTAR
Walikota Medan Dzulmi Eldin meminta kepada seluruh Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan (Kepling) untuk meningkatkan kinerjanya dalam pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pasalnya, hasil penerimaan pajak dari sektor PBB masih belum memenuhi target. Dari total target PBB sebesar Rp365 miliar yang ditetapkan, baru teralisasi 80 persen per-12 Desember 2014.

Untuk itulah dalam sisa waktu sebelum berakhirnya tahun 2014 ini, Walikota mengajak seluruh Camat, Lurah dan Kepling agar bekerja lebih maksimal lagi sehingga realisasi penerimaan PBB bisa bertambah lagi. Karena itulah Walikota meminta komitmen para Camat, Lurah dan Kepling untuk menambah realisasi penerimaan PBB tersebut.

“Hasil capaian penerimaan PBB saat ini tentunya belum memuaskan seperti yang kita harapkan. Saya minta ini menjadi perhatian kita bersama di tahun-tahun mendatang. Semua kendala-kendala yang menjadi penyebab target PBB tidak terwujud harus bisa diatasi,” kata Eldin ketika menghadiri Rapat Evaluasi Terkait Intensifikasi penerimaan PBB Tahun 2014 di Gedung Dharma Wanita Jalan Seio Rotan medan, Rabu (17/12).

"Di sinilah perlunya kemampuan leadership saudara. Kepemimpinan saudara diharapkan mampu meningkatkan partisipatif masyarakat dalam membayar pajak, sehingga tahun depan diharapkan tingkat penerimaan pajak dari sektor PBB akan lebih baik lagi demi mendukung terjaminnya pelaksanaan pembangunan, khususnya di Kota Medan yang kita cintai ini,” sambungnya seraya meminta para bawahannya untuk lakukan pendekatan persuasif kepada warga.

Sementara itu Kadispenda Kota Medan, M Husni dalam laporannya mengatakan, hasil capai pengutipan PBB sampai Triwulan IV sebesar 80 persen dari total target sebesar Rp365 miliar yang telah ditetapkan. Untuk itulah Husni berharap agar seluruh Camat, Lurah, Kepling maupun UPT Dispenda terus memaksimalkan kinerja sehingga penerimaan PAD dari sektor PBB ini bertambah lagi.

“Bagaimana mungkin warga membayar jika SPPT PBB-nya tidak sampai. Tentunya ini akan kita evaluasi,” jelas Husni.

Dari hasil rapat yang dilakukan, Camat Medan Belawan  paling berhasil memperoleh presentase penerimaan PBB terbaik sebesar 87 persen.  Dari 14.231 STTS (Surat Tanda Terima Sementara) yang diterima dengan target penerimaan sebesar Rp. 8.133.807.926 Camat Medan Belawan berhasil merealisasikan penerimaan sebesar Rp. 7.120.240.609. Sedangkan kelurahan yang berhasil merealisasikan penerimaan PBB sebear 100 persen adalah Kelurahan Laucih dan Kelurahan Mabar. [hta]










Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi