post image
KOMENTAR
Jangankan membangun tol laut, pembangunan kemaritiman yang dijanjikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun hanya pepesan kosong alias janji belaka.

Demikian dikatakan mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais), Laksda TNI (purn) Soleman
B Ponto pada  diskusi bertema "Menyingkap Kepentingan Asing pada Proyek Tol Laut", di Jakarta, Rabu (17/12).

Buktinya, Presiden Jokowi malah membentuk Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata dan Kementerian ESDM, yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pembangunan kemaritiman. Lebih-lebih lagi, dari penelusurannya, didapat fakta bahwa Kementerian Koordinator Kemaritiman hanya terdapat Dirjen Perhubungan Laut yang berada di bawah Kemenhub. Tiga kementerian lainnya difokuskan saling berhubungan dengan kelautan

"Jadi dapat disimpulkan kalau kementerian yang ada saat ini adalah Kementerian Koordinator Kelautan yang dikemas dengan nama Kementerian Koordinator Maritim. Karena sebagian besar yang menjadi urusan Kementerian Koordinator Kemaritiman ini berhubungan dengan laut," ujar Soleman.

Melihat realitas itu, menurut dia, arah pembangunan kemaritiman yang dicita-citakan pemerintah Jokowi akan semakin tak jelas.

"Padahal pembangunan kemaritiman adalah harapan dari masyarakat kawasan Indonesia Timur. Dengan demikian harga semen di Papua tetap selangit," kritiknya.[hta/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa