post image
KOMENTAR
Kasubbag Rutin dan Pembangunan Universitas Sumatera Utara Abdul Hadi Senin ( 22/12) diadili di Pengadilan Tipikor Medan. Abdul Hadi didakwa melakukan korupsi pada pengadaan peralatan farmasi pada Fakultas Farmasi  dan peralatan Etnomusikologi pada Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara  tahun anggaran 2010. Saat itu Abdul Hadi menjabat sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Universitas Sumatera Utara untuk dua kegiatan itu.

Dalam dakwaan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum Netty Silaen dijelaskan bahwa akibat perbuatan terdakwa, negara dirugikan sebesar Rp 13 milyar sesuai dengan audit Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumut.

"Kerugian itu timbul dari pengadaan peralatan farmasi sebesar Rp 10 milyar dan pengadaan peralatan etnomusikologi sebesar Rp 3 milyar" papar JPU Netty Silaen dalam persidangan.

Dalam dakwaan yang dibacakan dihadapan majelis hakim yang diketuai oleh Jaksa Penuntut Umum Netty Silaen ini disebutkan terdakwa bersama tersangka lainnya dinilai melakukan mark-up pengadaan barang senilai Rp 25 miliar untuk farmasi dan Rp 15 miliar untuk farmasi lanjutan. Sementara untuk pengadaan peralatan farmasi, pelelangan dilakukan tidak terbuka sehingga hanya satu grup perusahaan yang memonopoli pelelangan.

"Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dalam Pasal 2 ayat 1 jo Pasal 3 UU Nomor 31/1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20/2001 dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara" ungkapnya

Usai mendengar dakwaan JPU, majelis hakim yang diketuai Dwi Dayanto menunda persidangan hingga 7 Januari 2015 untuk agenda mendengarkan keterangan saksi-saksi.

Diketahui, kasus ini ditangani oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) RI sebagai penyidik awal. Selain Abdul Hadi, masih ada enam tersangka lain. Satu diantaranya adalah Dekan Fakultas Farmasi, Profesor Sumadio Hadisahputra.[rgu]

Sudah Diberlakukan, Parkir Sembarangan Bakal Kena Tilang Elektronik di Medan

Sebelumnya

Perkosa Banyak Pria, Pelajar Indonesia Reynhard Sinaga Dihukum Seumur Hidup Di Inggris

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Hukum